Rabu, 20 Maret 2019

Bagaimana Caranya Agar Kita Rindu Dengan Shalat?

Advertisement

Advertisement
Bagaimana Caranya Agar Kita Rindu Dengan Shalat?

SaudaraKu,
Allah SWT berfirman,

إِنَّنِي أَنَا اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدْنِي وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي
Sungguh, Aku ini Allah, tidak ada Tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan laksanakanlah sholat untuk mengingat Aku.” (QS. Thaha : 14) .

Bagaimana Caranya Agar Kita Rindu Dengan Shalat?

SaudaraKu,
Sebelum engkau memulai sholatmu, pernahkah kau merenungkan hal ini?

Ketika adzan terdengar, pernahkah engkau berpikir bahwa Penguasa langit dan bumi sedang memanggilmu untuk menemui-Nya dalam sholat?

Ketika berwudhu, pernahkah kau berpikir bahwa engkau sedang bersiap untuk menemui Raja dari semua raja?

Ketika mengangkat tangan dan bertakbiratul ihram, pernahkah engkau berpikir bahwa kau akan bermunajat kepada Tuhanmu yang Maha Mendengar?

Ketika membaca Al-Fatihah, pernahkah kau berpikir bahwa engkau sedang berdialog secara khusus dengan Penciptamu yang penuh kasih?
.
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.” (QS. Al-Fatihah : 5) .

Ketika memulai gerakan-gerakan sholat, pernahkah kau berpikir bahwa para malaikat dengan jumlah yang tak diketahui kecuali oleh Allah sedang melakukan ruku' dan sujud sejak ribuan tahun yang lalu hingga langit dipenuhi oleh mereka?

Ketika bersujud, pernahkah kau berpikir bahwa posisi terbaik dan terindah adalah ketika seorang hamba begitu dekat dengan Tuhannya?

Dan ketika mengucapkan salam di akhir sholat, tidakkah itu adalah pertanda bahwa hatimu terbakar rindu untuk memenuhi panggilan Tuhanmu di waktu sholat berikutnya?

SaudaraKu,
Mari kita siapkan hati dan fokuskan pikiran dalam setiap sholat kita. Dan perbanyaklah doa yang dilantunkan oleh Nabi Ibrahim as yang diabadikan dalam Firman-Nya,

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ
Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan sholat, Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim : 40) .

Sehingga sholat kita menjadi sholat yang berkualitas dan tidak sekedar gerakan-gerakan yang tak berarti.

Advertisement