Senin, 20 Januari 2020

Selamat Tinggal Lapak Shopee Ku "Armaila Shop"

Advertisement
Advertisement
Shopee adalah salah satu market place yang menjadi favorit toko online yang aku sukai karena fitur gratis ongkirnya yang bisa memberikan pemasukkan lebih bagi seller shopee. Namun, Kali ini aku ingin berbagi kisah perjalanan membangun toko di shopee dan berakhir dengan akses akun yang dibatasi dalam arti akun shopee tidak bisa lagi digunakan baik untuk jualan atau beli/berbelanja.

Aku Bergabung pada 11-02-2018 sebagai pengguna shopee dengan username ArmailaShop dengan fokus produk pada hijacket. Tidak banyak pengetahuan yang aku dapatkan saat itu tentang shopee selain mencoba menganalisa toko toko yang nangkring diatas.

Selamat Tinggal Lapak Shopee Ku "Armaila Shop"

Satu persatu produk yang merupakan mode dropship mulai memenuhi list produk yang aku promosikan sampai 101 produk. Dan saat itu toko ku mulai muncul ke permukaan meramaikan dunia belanja hijacket kala itu walau tidak ramai tetapi ada saja yang melakukan transaksi dan berakhir dengan sukses.

Hal tersebut terus berlangsung dan berlanjut sekian lama sampai terjadi perputaran uang di akun shopee ku sekitar Rp 17.057.914. Awalnya aku sangat menikmati jualan di shopee walau hanya sebagai dropshiper. Namun karena seringnya barang yang tidak tersedia padahal banyak yang minat, akhirnya aku mulai bosan membalas chat para calon pembeli.

Di saat saat aku jarang menggunakan akun shopee ini karena barang yang aku pajang jarang tersedia stok yang paling banyak diminati oleh para cabuy, akhirnya akun ku ini beberapa kali ada digunakan oleh istri untuk berbelanja.

Sampai akhirnya disuatu hari ada notifikasi yang memberikan informasi bahwa akun shopee ku dibatasi. Setelah dibatasi maka tidak bisa lagi melakukan transaksi baik penjualan atau pembelian. 

Alasan akun shopee dibatasi adalah memiliki beberapa akun. Jujur aku bingung dengan alasan yang dibuat oleh shopee ini. Ketika aku tanyakan apa saja akun yang aku miliki pihak shopee tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan melainkan hanya berkilah dengan memberikan jawaban "hal tersebut yang terbaca di sistem".

Merasa pengajuan banding sia sia. Aku coba coba menduga duga kemungkinan penyebab akun dibatasi selain dari alasan yang tidak masuk akal dibuat shopee.

Untuk informasi awal, Semua anggota keluarga di rumah ini terdapat 4 akun dan tentunya memiliki alamat yang sama, tetapi sudah bisa dipastikan memiliki nomor hp dan ktip yang berbeda. Apakah hal ini yang dianggap shopee sebagai ternak akun shopee?

Di rumah ini juga, sering aku menghidupkan hotspot untuk membagi jaringan koneksi internet, sehingga beberapa akun yang di miliki anggota keluarga sering menggunkan koneksi internet yang sama secara bersama sama dan tentunya akan menghasilkan IP yang sama pula. Apakah hal ini yang membuat shopee langsung memberikan keputusan bahwa terjadi ternak akun.

Singkat cerita, akun ku dibatasi dan tidak bisa digunakan lagi. Apa pun alasan yang diajukan ke shopee mereka tidak akan pernah peduli.

Akhirnya, toko yang aku buat bertahun tahun di shopee dengan optimasi otodidak untuk muncul ke permukaan ludes dan musnah seketika cukup dengan satu notifikasi aku dibatasi yang dikirim oleh shopee.

Kesal dengan keputusan ini, akhirnya aku menggati nama toko yang aku bangun dengan susah payah dengan nama yang asal asalan dan cenderung kepada keyword yang penuh kekecewaan.

"SANA SIURUS" adalah nama toko yang aku ganti setelah akun tersebut tidak bisa lagi digunakan. Ketika aku akan mengganti kembali nama tersebut ke nama yang lain ternyata tidak bisa lagi. Ada informasi bahwa pergantian nama toko shopee hanya bisa dilakukan 1 kali dalam 3 hari.

Selanjutnya. akun shopee yang sudah dibatasi apakah ada hal yang masih dimanfaatkan? saat aku mencoba mengakses url toko shopee ku https://shopee.co.id/armailashop maka halaman toko itu masih terbuka dengan produk yang kosong. Lantas apakah yang menarik perhatianku. Ternyata slide yang aku buat beberapa gambar masih tayang.

Secara spontan langsung terlintas di benak ku untuk memanfaatkan slide tersebut. Berhubung toko ku dengan Armaila Shop dengan lapak di shopee ini sudah terindex di google, maka untuk mengurangi kerugian dan kekesalan maka slide yang masih ada akan diganti dengan banner banner iklan produk yang saat ini aku promosikan seperti Paket Combo 17GB 600 Menit 400 SMS, Paket Nelpon 2100 Menit, serta pendaftaran agen pulsa.

Sebagai kesimpulan dari tulisan singkat ini. Bagi teman teman yang mengalami hal yang sama, Akun shopee dibatasi, padahal toko nya mulai muncul di google, maka manfaatkan saja fitur slide dan fitur deskripsi untuk meberikan pengunjung lapak shopee tersebut untuk mengakses informasi yang diberikan, memberikan info lapak teman teman di Market Place lain umpamanya seperti tokopedia, bukalapak dan lain lain.

Demikianlah kisah ku. Semoga teman teman bisa mengambil pesan pesan yang tersirat di tulisan ini.
#NelponUnlimitedTsel
#50GbFlashTsel #Paket1500SmsArmaila
Advertisement