MENGUSAP WAJAH SETELAH BERDOA | 37 Masalah Populer Ustadz Abdul Somad

MENGUSAP WAJAH SETELAH BERDOA | 37 Masalah Populer Ustadz Abdul Somad

MENGUSAP WAJAH SETELAH BERDOA | 37 Masalah Populer Ustadz Abdul Somad 37 Masalah Populer Ustadz Abdul Somad 37 masalah populer ustadz abdul somad pdf  77 masalah populer abdul somad  99 masalah populer abdul somad  99 masalah populer abdul somad pdf  free download 37 masalah populer  37 masalah populer abdul somad pdf download  buku ustadz abdul somad pdf  buku abdul somad pdf

Mengusap Wajah Setelah Berdoa
Pendapat Imam ash-Shan’ani.
وعن عمر رضي الله عنه قال: "كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا مد يديه في الدعاء لم يردهما حتى يمسح بهما وجهه" أخرجه الترمذي وله شواهد منها حديث ابن عباس عند أبي داود وغيره ومجموعها يقضي بأنه حديث حسن وفيه دليل على مشروعية مسح الوجه باليدين بعد العراغ من الدعاء قيل وكأن المناسبة أنه تعالى لما كان لا يردهما صعرا فكأن الرحمة أصابتهما فناسب إفاضة ذلك على الوجه الذي هو أشرف الأعضاء وأحقها بالتكريم

Dari Umar ra., ia berkata, “Apabila Rasulullah Saw menengadahkan kedua tangannya ketika berdoa, beliau tidak menurunkannya hingga mengusapkan kedua tangannya ke wajahnya”. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi, ada beberapa hadits lain yang semakna dengannya (Syawahid), diantaranya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas dalam Sunan Abi Daud dan hadits lainnya, yang secara keseluruhannya menyebabkan hadits ini menjadi hadits hasan.





Di dalamnya dalil disyariatkannya mengusap wajah dengan kedua tangan setelah berdoa. Ada pendapat yang mengatakan, seakan-akan kesesuaian (antara berdoa dan mengusap wajah), bahwa ketika Allah Swt tidak membiarkan kedua tangan yang berdoa itu dalam keadaan kosong dan hampa, seakan-akan rahmat mengenainya, maka sesuai jika diusapkan ke wajah yang merupakan anggota tubuh yang paling mulia dan paling berhak memperoleh kemuliaan252.

Pendapat Syekh Ibnu ‘Utsaimin.
والذي أرى في المسألة: أن من مسح لا ينكر عليه، ومن لم يمسح لا ينكر عليه، وهو أقرب إلى السنة ممن مسح.

Menurut pendapat saya dalam masalah ini, siapa yang mengusap (wajah setelah berdoa), ia tidak diingkari. Siapa yang tidak mengusap juga tidak diingkari, ia lebih mendekati Sunnah daripada yang mengusap253.


Sumber dari file pdf, 37 Masalah Populer oleh Ustad Abdul Somad Lc MA. Jika terdapat kesalahan copy paste dalam tulisan di atas, terutama untuk huruf arab, silahkan merujuk ke sumber aslinya. Download di sini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

DAFTAR CUG TELKOMSE