Non Aktifkan Mode Pesawat Untuk Melakukan Panggilan

HP terendam air! Cek *888# hasilnya "Non Aktifkan Mode Pesawat Untuk Melakukan Panggilan" Apa yang terjadi sebenarnya? Yuk simak ulasan lengkapnya

Non Aktifkan Mode Pesawat Untuk Melakukan Panggilan


Non Aktifkan Mode Pesawat Untuk Melakukan Panggilan - Di artikel ini, Armaila akan sharing pengalaman pribadi sebagai user atau pengguna handphone Xiaomi Mi 10T 5G yang rusak karena dimasukkan si kecil ke mesin cuci yang sedang dijalankan.

Setelah dilakukan service di salah satu kota kecil di kabupaten Bener Meriah ini. Kini HP Xiaomi Mi 10T yang sudah tersedia di pasaran pada 13 oktober 2022 yang lalu sudah dapat menyala dan dapat difungsikan kembali.

Dengan merogoh biaya service Rp 350.000 Hand Phone Xiaomi Mi 10T yang memiliki dimensi body 165.1 x 76.4 x 9.3 mm (6.5 x 3.01 x 0.37 in) ini pun Armaila bawa pulang ke rumah.

Hanya saja bercak bercak air masih tersisa di layar atau LCD di hp dengan info display IPS LCD, 144Hz, HDR10+, 500 nits (typ), 650 nits (peak). Namun hal tersebut tidak menjadi masalah.

Sebenarnya bisa saja diganti LCD dengan memesan secara online misal di pelapak shopee yang menjual LCD ini dengan harga Rp. 285.00 pada judul produk "Lcd Touchscreen Xiaomi Mi10T - Mi 10T / Mi 10T Pro Fullset Original"

Lcd Touchscreen Xiaomi Mi10T - Mi 10T  Mi 10T Pro Fullset Original


Non Aktifkan Mode Pesawat Untuk Melakukan Panggilan

Namun yang menjadi kendala adalah kartu sim yang tidak berfungsi. Pada awal penggunaan di rumah setelah melakukan perbaikan adalah mencoba melakukan koneksi internet melalui jalur Wi-Fi atau hostspot dari HP lainnya.

Untuk koneksi melalui Wi-Fi HP Mi 10T dengan info comms WLAN WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct. Bluetooth 5.1, A2DP, LE, aptX HD, aptX Adaptive. Positioning GPS (L1+L5), GLONASS (G1), BDS (B1), GALILEO (E1+E5a) dan USB USB Type-C 2.0, OTG tidak ada kendala.

Masalah yang Armaila temukan adalah saat mencoba mendial *888# dan barulah muncul pesan;

Non Aktifkan Mode Pesawat Untuk Melakukan Panggilan

Melakukan panggilan adalah fungsi utama dari HP. Sementara itu kartu sim juga terdeteksi baik SIM1 maupun SIM2. 

Antena Sinyal Hp Rusak

Berhubung fungsi utama HP untuk berkomunikasi tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Armaila pun kembali ke tempat service dan menginformasikan kendala yang masih ditemukan saat ini.

Setelah dicek kembali, akhirnya dinyatakan bahwa antena sinyal HP Xiaomi Mi 10T ini rusak. Sementara itu, abang service ini tidak memiliki sparepart untuk menggantinya.

Akhirnya berhubung service tidak komplet maka ditawarkan apakah HP dikembalikan ke semula (Mati) atau membayar untuk elemen yang telah ditambahkan untuk menyalakan HP.

Armaila memilih membayar elemen yang ditambahkan hingga akhirnya uang service dikurangi Rp. 150.000

Switch Antena HP Rusak, Atasi Masalah dengan Cara Berikut Ini

Armaila mencoba googling dengan mengetik "Antena Sinyal HP Rusak". Salah satu artikel yang ada adalah artikel yang dimuat oleh harapanrakyat.com dengan judul "Switch Antena HP Rusak, Atasi Masalah dengan Cara Berikut Ini".

Berikut ini adalah upaya yang bisa dilakukan;

Mulai Ulang Perangkat

Hal termudah untuk anda coba dalam menyelesaikan masalah ini adalah dengan memulai ulang perangkat anda. Cara ini merupakan metode yang sangat efektif untuk menyelesaikan beberapa masalah perangkat dan bug.


Memulai ulang perangkat bisa menghapus memori akses acak serta mengatur ulang proses yang kemungkinan telah mengganggu kinerja perangkat. Cukup tahan tombol daya selama beberapa detik dan pilih Restart atau Mulai Ulang.


Periksa untuk melihat apakah ini menyelesaikan masalah setelah anda lakukan boot. Jika ini tidak menyelesaikan masalah switch antena HP rusak, anda bisa coba cara lainnya.


Alihkan Mode Pesawat

Solusi lain yang sangat efektif untuk masalah ini adalah mencoba menghubungkan secara manual ke penyedia layanan. Silakan aktifkan dan nonaktifkan mode pesawat supaya perangkat mencoba untuk menyambungkan.


Seringkali hanya ini yang anda perlukan untuk membangun lagi koneksi dengan pembuat layanan. Metode ini akan mengatur ulang APM-Cycle ponsel apabila kehilangan koneksi ke menara sinyal.


Cara kerjanya yaitu dengan memutuskan secara manual dari menara dan mencoba menghubungkan kembali. Jika ini tidak berhasil, sekarang saatnya menggali lebih dalam cara untuk mengatasi masalah switch antena HP rusak.


Pilih Operator Jaringan Secara Manual

Mungkin perangkat mengalami masalah dalam menemukan jaringan sehingga anda mungkin harus memilihnya sendiri. Anda dapat melakukan ini dengan membuka Pengaturan> Jaringan Seluler> Operator Jaringan.


List penyedia jaringan akan muncul dan pilih yang benar. Anda mungkin perlu mengatur ulang perangkat anda sekali lagi untuk lihat apa perubahan ini berlaku.


Periksa Kembali Kartu SIM

Terkadang, masalahnya terletak pada perangkat keras perangkat. Data yang tersimpan dalam kartu SIM memberi ponsel anda sesuatu seperti alamat untuk jaringan agar menemukannya dan sebaliknya.


Anda mungkin menabrakkan ponsel ke suatu benda keras yang membuat kartu SIM copot dan switch antena HP rusak. Untuk memeriksa apakah kartu SIM anda terhubung dengan benar ke perangkat, anda harus mematikan telepon.


Setelah mati dengan aman, lepaskan kartu SIM dan bersihkan semua partikel debu yang dapat mengganggu konektor kartu. Setelah siap, pastikan untuk memasangnya dengan pas dan tersambung sepenuhnya.


Nyalakan perangkat anda kembali dan lihat apakah masalah sudah teratasi atau belum. Jika tidak, anda baiknya mempertimbangkan opsi berikutnya secara hati-hati.


Kembali Pengaturan Pabrik

Langkah ini libatkan pemulihan setelan pabrik HP anda. Lalu sebuah proses yang membersihkan ponsel dari semua data, kecuali perangkat lunak bawaan.


Namun, perlu anda ingat bahwa anda akan kehilangan data. Jadi, sebaiknya anda menjalankan pencadangan terlebih dahulu sebelum menerapkan cara mengatasi switch antena HP rusak.


Memperbaiki Komponen

Cobalah untuk mengecek komponen IC PA, RF IF, IF IC, dan switch antena.

Setelah itu, panaskan solderan timah yang ada pada komponen-komponen tersebut dengan memakai bot air. Dengan begitu, kaki-kaki komponen akan rapi kembali secara otomatis.

Kemudian atur tekanan angin dan suhu supaya seimbang dengan bantuan cairan songka agar tidak pecah. Terapkan langkah satu ini selama 1-2 menit.

Lalu bersihkanlah komponen tersebut dengan memakai cairan IPA.

Cobalah uji ponsel anda dengan menghidupkannya, lalu lihat apakah sinyal sudah muncul atau belum. Apabila belum, anda harus mengganti komponen-komponen tersebut dengan yang baru.



Mau support lewat mana?

Terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan Support Kami. Tekan tombol merah!

Posting Komentar

© ARMAILA.com. All rights reserved. Developed by Saifullah.id