Indra Penciuman Hilang dan Yang Aku Lakukan

Sampai hari ini, jumat 30/7/2021 sudah sekitar 3-4 hari aku kehilangan penciuman. Memang ada rasa hidung agak tersumbat namun tidak membuat sulit ber.

Indra Penciuman Hilang dan Yang Aku Lakukan - Sehari sebelum jatuhnya hari raya idul adha 1442 H yang lalu. Tepatnya Minggu 18/7/2021 aku jatuh sakit dan untuk pertama sekalinya di infus.

Setelah menunggu antrian di dokter praktek yang ada di salah satu kota kecil lampahan, akhirnya aku pun mendapatkan giliran untuk dicek, tetapi setelah lompat urutan karena negoisasi yang dilakukan oleh istri karena melihat kondisiku yang mulai melemah saat itu.

Indra Penciuman Hilang dan Yang Aku Lakukan


Dinyatakan Sakit Tifus

Setelah melakukan pengecekan seperlunya, oleh dokter ditanyakan terlebih dahulu apa saja keluhanku. Sakit kepala dan ingin muntah rasanya saat makan adalah keluhan utama ku. di samping itu terasa pegal pegal di persendian serta hidung yang tersumbat.

Tifus - Gejala, penyebab dan mengobati

dikutip dari alodokter, Penyebab Tifus adalah Sanitasi yang buruk dan keterbatasan akses air bersih. terkait hal ini, sepertinya tidak masuk menjadi penyebab utama karena lingkungan saya termasuk bersih dan sumber air yang terjaga.

Secara umum, berikut ini adalah gejala-gejala penyakit tipes:

  • Demam yang meningkat secara bertahap tiap hari hingga mencapai 39°C–40°C dan biasanya akan lebih tinggi pada malam hari
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Merasa tidak enak badan
  • Sakit perut
  • Berat badan menurun

Ada beberapa poin yang memang saya alami pada saat itu. Namun keluhan utama adalah sakit kepala dan mata akan terasa sakit jika melirik keatas atau kekiri kekanan.

Melihat kondisiku yang lemah, akhirnya aku pun di infus lebih kurang 3 botol dimulai dari jam 12 siang sampai jam 3:30 sore pada hari itu.

Rasa Sakit Mulai Reda

Setelah di infus dan dilanjutkan dengan mengkonsumsi obat obatan, Alhamdulillah sudah mulai ada perubahan yang aku rasakan terutama di sakit kepala yang sudah berkurang. Hanya mata masih agak sakit jika melirik. Sayangnya saya lupa mendokumentasikan nama nama obatnya apalagi saat itu hanya berupa pil yang sudah dikemas dalam kantong kecil sehingga tidak ada nama obatnya yang terlihat.

Penciuman Masakan Semakin Tajam

Jika sebelumnya setiap akan makan pasti ingin rasanya muntah. Namun alhamdulillah sekarang tidak lagi. Namun ada sedikit keluhan, penciuman terhadap aroma makanan semakin tajam. Saat itu saya sangat terganggu dengan aroma bawang putih. Oya, sebelum tidak nyaman dengan aroma bumbu makanan, sebelumnya aku membuat steak daging sapi berhubung lebaran kurban.

Steak tersebut aku olah sendiri. Pada awalnya aku sangat menikmati steak daging sapi tersebut, namun lama kelamaan terasa enek dan nggak selera lagi.

Untuk membandingkan respon terhadap aroma makanan. Aku pun pergi sholat berjamaah. Di rumah rumah yang saya lewati, tercium aroma yang tidak aku suka yang aku duga adalah aroma bawang putih, padahal ternyata semua aroma yang tercium aku anggap bawang putih padahal bukan. Hal itu aku sadari saat aku mencoba mencium aroma masakan lainnya, ternyata aroma dianggap sama dalam memory saya.

Pengobatan Kedua - Sirup Lambung

Setelah 3-4 hari. obat dari pengobatan pertama pun telah habis. Akhirnya pada jumat 23/7/2021 aku kembali ke dokter untuk mengambil obat selanjutnya.

Saat ini ada obat tambahan untuk lambung yang berbeda dengan sebelumnya. Saat aku meminum sirup ini terasa tidak nyaman di perut.

Setidaknya 2-3 hari aku tetap meminum obat tersebut walau tidak terasa nyaman. Namun setelah konsultasi dengan istri, apakah obat itu dilanjutkan atau dihentikan, oleh istri disarankan untuk dihentikan.

Setelah dihentikan. rasa tidak nyaman di perut mulai hilang dan normal kembal.

Untuk sementara tidak ada keluhan lainnya

Pengobatan Medis Selesai - Indra Penciuman Hilang

Selasa 27/7/2021 pengobatan dengan obat obatan dari dokter sudah selesai. Tidak ada lagi keluhan lagi, tetapi muncul Indra Penciuman Hilang.

Awalnya aku sadari ini setelah mandi menggunakan air hangat. Setelah memakai parfum ada terasa aneh, kok aku tidak merasakan aroma parfumnya. biasanya penciuman sangat tajam.

Selanjutnya aku mencoba mencium cium aroma balsem dan masih terasa saat itu.

Sebelumnya salah seorang sepupu saya juga mengatakan bahwa dia juga demam dan penciumannya hilang. Saat beliau menceritakannya hal itu kepadaku saat itu penciumanku masih tajam bahkan semua aroma masakan terasa aroma bawang seperti uraian diatas.

Pengobatan Tradisional

Karena aku dinyatakan tifus, maka aku pun mencoba mengksonsumsi obat tradisional setelah obat medis telah habis. Kali ini obat yang dikonsumsi lumayan membuat enek jika dibayang bayangin saat mengkonsumsinya karena bahan dasar obatnya adalah cacing (ketol rok) namanya jika di daerah saya ini.

Obat tradisonal ini hanya untuk sehari. Oya, sebenarnya saya tidak terlalu yakin dengan diagnosa tifus karena bukan hasil riset melainkan pencocokan gejala saja dan tidak semua gejala itu saya alami.

Indra Penciuman Hilang dan Yang Aku Lakukan

Sampai hari ini, jumat 30/7/2021 sudah sekitar 3-4 hari aku kehilangan penciuman. Memang ada rasa hidung agak tersumbat namun tidak membuat sulit bernafas.

Untuk saat ini aku rutin meminum jahe, oya pada awal pengobatan, saya rutin sekitar 2-3 hari meminum lemon. Kata salah seorang saudara saya lemon cocok untuk lambung, agak terasa tidak masuk akal sih, tetapi ternyata memang agak nyaman terasa di perut.

ada 2 langkah yang belum aku lakukan pertama olah raga dan mengkonsumsi air rendaman daun jambu batu dan daun cempedak.

Sepupu saya sendiri setelah berolahraga, penciumannya telah muncul kembali sekitar 50% berdasarkan keterangan beliau.

Penciuman Normal Kembali

Seminggu telah berlalu dan hari jum'at pun datang. Seperti biasa, sebelum pergi jumat saya mandi dan membersihkan diri termasuk membersihkan bagian hidung.

Indra Penciuman Hilang dan Yang Aku Lakukan


Pada saat itu saya mencolok hidung dengan cotoon bud agak jauh kedalam sehingga ada benda kecil yang terambil dari salah satu lubang hidung hihihi. Dan ternyata setelah itu tiba tiba penciuman muncul kembali langsung di dua hidung walaupun jiak dipersentasikan masih 50%. Hal itu dirasakan setelah saya mencium cium kulit jeruk jawa (asam jantar).

Seminggu kemudian penciuman full normal kembali alhamdulillah. 



Mau support lewat mana?

Terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan Support Kami. Tekan tombol merah!

Posting Komentar

© ARMAILA.com. All rights reserved. Developed by Saifullah.id