Pelanggaran Hak Cipta! Video di Youtube Dihapus dan Jawaban Kursus Hak Cipta Youtube

Jika Anda mendapatkan 3 teguran hak cipta, akun Anda (beserta channel terkait) akan dihentikan..Video Anda dihapus karena adanya permintaan peng...
Armaila.com - Deg degan rasanya saat membuka youtube dan hendak mengupload video dan langsung di arahkan ke halaman "Intertisial teguran hak cipta - Youtube studio" selanjutnya di lengkapi informasi dengan head line "Video Anda dihapus karena adanya permintaan penghapusan akibat pelanggaran hak cipta". Kok bisa dihapus? Ternyata Video Anda dihapus karena adanya permintaan penghapusan akibat pelanggaran hak cipta di channel youtube ini karena berdasarkan permintaan pemilik utama.

Video Anda dihapus karena adanya permintaan penghapusan akibat pelanggaran hak cipta



Penyebab Video DiHapus

Salah satu peraturan dalam mengupload video di channel youtube adalah memastikan video tersebut milik pribadi atau publik. Dengan demikian jika terdapat video milik kelompok atau orang tertentu maka pemilik video bisa memberikan pilihan untuk mengizinkan untuk tetap ditayangkan di channel youtube lain, atau berbagi penghasilan atau malah memilih meminta untuk penghapusan. 

Untuk kasus armaila sendiri, salah satu video yang dihapus adalah video yang membahas tentang "Siapa Yang Berhak Mendapat Syafaat Rasulullah". Video tersebut admin temukan di salah satu postingan facebook dan reshare ke youtube. Sehingga berakhir dengan pentungan dari empunya :).

Singkatnya, penghapusan video seperti gambar yang terlihat diatas adalah karena pelanggaran hak cipta.

Konsekuensi Teguran Hak Cipta

Apa yang akan terjadi jika melakukan pelanggaran hak cipta? Selain video dihapus tentu saja mendapat tiupan serumpit peringatan dari om google selaku pemilik utama youtube. Peringatan diberikan sebanyak 3 kali. 

Setiap terjadi kesalahan yang sama untuk jenis pelanggaran yang sama akan mendapatkan poin teguran. Teguran hanya diberikan sebanyak 2 kali saja. Jika terjadi pelanggaran yang ketiga maka bersiap siap gulung tikar dari channel youtube :).

Setiap teguran akan dicantumkan tanggal tegurannya sebagai pengingat untuk kedepannya.

Berapa Lama Teguran Pelanggaran Hak Cipta Berlaku?

Setiap kesalahan yang dilakukan maka teguran akan berjalan selama 90 hari per setiap tegurannya, Seperti contoh kasus armaila diatas, Teguran itu dimulai pada 23 Mei 2021. Jika dihitung kapan berakhir teguran tersebut maka;
bulan mei 2021 = 8 hari
bulan juni 2021 = 30 hari
bulan juli 2021 = 31 hari
bulan agustus 2021 = 21 hari
total = 90 hari

Maka perkiraan teguran pertama ini menguap dan menghilang pada tanggal 21 Agustus 2021 mendatang. 

Berikut ini adalah penjelasan lengkap dari youtube terkait permasalahan pelanggaran hak cipta seperti yang diuraikan diatas

Yang dapat Anda lakukan

  • Tidak melakukan apa pun. Teguran akan berakhir setelah 90 hari, asalkan Anda menyelesaikan Kursus Hak Cipta. Selama waktu tersebut, Anda tetap dapat menggunakan YouTube. Menghapus video tidak akan menghapus teguran.
  • Mengajukan pencabutan keluhan. Anda dapat langsung menghubungi penggugat dan memintanya untuk mencabut keluhannya.
  • Mengirim permintaan pemulihan. Jika yakin video Anda tidak seharusnya dihapus, Anda dapat mengajukan sengketa hukum, yang disebut juga permintaan pemulihan.

Nah. Jika ada kesalahan pelanggaran seperti diatas, maka untuk bisa mengupload video harus mengikuti kursus hak cipta seperti berikut ini



Mau support lewat mana?

Terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan Support Kami. Tekan tombol merah!

Posting Komentar

© ARMAILA.com. All rights reserved. Developed by Saifullah.id