Syarat dan Ketentuan Program Gratis Ongkir Xtra Shopee

Syarat dan Ketentuan Program Gratis Ongkir Xtra Shopee..Program Gratis Ongkir Xtra hanya dapat diikuti oleh Penjual yang terundang oleh Shopee yang,..

 Syarat dan Ketentuan Program Gratis Ongkir Xtra Shopee

1.     Program Gratis Ongkir Xtra adalah sebuah program yang diselenggarakan oleh Shopee untuk para Penjual dimana Penjual yang terundang dapat ikut serta untuk mendapatkan subsidi biaya kirim sesuai dengan syarat dan ketentuan program Gratis Ongkir Xtra (“Program Gratis Ongkir Xtra”). Berikut ini adalah syarat dan ketentuan yang berlaku terhadap Program Gratis Ongkir Xtra, yang ditentukan oleh Shopee dari waktu ke waktu berdasarkan Kebijakan Shopee, sesuai dengan Persyaratan Layanan.


2.     Untuk mengetahui kriteria menjadi Peserta Program (sebagaimana didefinisikan di bawah ini), Penjual dapat membuka tautan ini. Shopee dapat sewaktu-waktu mengubah kriteria untuk menjadi Peserta Program dan rincian Program Gratis Ongkir Xtra dengan kebijaksanaannya sendiri, berdasarkan Kebijakan Shopee, sesuai dengan Persyaratan Layanan.


3.     Program Gratis Ongkir Xtra hanya dapat diikuti oleh Penjual yang terundang oleh Shopee yang, sebagaimana dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai dengan kebijakan Shopee, memenuhi kriteria antara lain: 

(a) toko mempunyai minimal 1 produk aktif dengan stok minimal 1 

(b) toko memiliki akumulasi poin penalti kurang dari 3 

(c) toko berstatus aktif dan menerima pesanan dalam 7 hari terakhir 

(d) toko mengaktifkan jasa kirim Shopee Express Standard, Shopee Express Instant, J&T Express, J&T Jemari, J&T Economy, SiCepat REG, SiCepat Halu, Ninja Xpress, ID Express, atau Anteraja pada: (i) minimal 1 produk untuk toko dengan jumlah produk aktif < 100 atau (ii) minimal 1% dari dari total produk untuk toko dengan jumlah produk aktif >=100 

(e) Penjual sudah terdaftar dalam Program Gratis Ongkir  

(f) Penjual tidak sedang mengaktifkan fitur toko libur 

(g) tidak mempunyai riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada aktivitas akun, atau penyalahgunaan program lainnya untuk kepentingan pribadi (“Penjual Terundang”). Apabila Penjual bukan Penjual Terundang, maka Shopee dapat menolak permintaan Penjual tersebut untuk ikut serta dalam Program Gratis Ongkir Xtra. Penjual Terundang akan menjadi peserta Program Gratis Ongkir Xtra setelah Penjual Terundang menerima konfirmasi dari Shopee (“Peserta Program”).


4.     Peserta Program mengakui dan setuju untuk membayarkan Biaya Layanan Program Gratis Ongkir Xtra untuk setiap transaksi yang berhasil (“Biaya Layanan Program Gratis Ongkir Xtra”). Transaksi berhasil yang dimaksud adalah transaksi dimana Pembeli telah menerima Produk dan Penjual telah menerima pembayaran tanpa adanya pengembalian dana maupun barang.


5.     Berikut adalah Biaya Layanan Program Gratis Ongkir Xtra yang dibebankan kepada Penjual sesuai dengan status Penjual:


Status Penjual

Total Biaya Layanan

Penjual Non-Star

Biaya Layanan Program Gratis Ongkir Xtra = Harga original Produk– total potongan dan/atau voucher diskon yang disediakan Peserta Program) x 4,5%

Penjual Star/Star+ 

Biaya Layanan Program Gratis Ongkir Xtra = (Harga original Produk– total potongan dan/atau voucher diskon yang disediakan Peserta Program) x 3,5%

Catatan: belum termasuk Biaya Administrasi Penjual Star  untuk Penjual Star/Star+

Penjual Mall

Biaya Layanan Program Gratis Ongkir Xtra = (Harga original Produk– total potongan dan/atau voucher diskon yang disediakan Peserta Program) x 2%

Catatan: belum termasuk Biaya Administrasi untuk Produk Mall bagi Penjual Mall

           


6.     Dalam hal Penjual Non-Star dan Penjual Star mampu menyelesaikan 100 (seratus) atau lebih pesanan bersih terhitung sejak Penjual bergabung di Platform Shopee, maka Penjual berhak mendapatkan Diskon Biaya Layanan Program Gratis Ongkir Xtra senilai 15% (“Diskon Biaya Layanan”), sehingga Biaya Layanan Program Gratis Ongkir Xtra yang berlaku adalah sebagai berikut:


Status Penjual

Total Biaya Layanan

Penjual Non-Star

Biaya Layanan Program Gratis Ongkir Xtra = Harga original Produk– total potongan dan/atau voucher diskon yang disediakan Peserta Program) x 3,83%

Penjual Star/Star+ 

Biaya Layanan Program Gratis Ongkir Xtra = (Harga original Produk– total potongan dan/atau voucher diskon yang disediakan Peserta Program) x 2,98%

Catatan: belum termasuk Biaya Administrasi Penjual Star untuk Penjual Star/Star+ 




7.     Untuk menghindari keragu-raguan:


a)    Bagi Penjual dengan status Penjual Non-Star dan memiliki jumlah pesanan kurang dari 100, Peserta Program memahami dan setuju bahwa maksimum nilai Biaya Layanan Program Gratis Ongkir Xtra yang dibayarkan oleh Peserta Program adalah Rp 10.000 (sepuluh ribu Rupiah) per kuantitas produk.


b)    Bagi Penjual dengan status Penjual Non-Star dengan jumlah pesanan lebih dari 100, Penjual Star/Star+ dan Penjual Mall, Peserta Program memahami dan setuju bahwa maksimum nilai Biaya Layanan Program Gratis Ongkir Xtra yang dibayarkan oleh Peserta Program, tidak termasuk Biaya Administrasi untuk Produk Mall bagi Penjual Mall atau Biaya Administrasi Penjual Star/Star+ bagi Penjual Star/Star+ atau Biaya Administrasi Penjual Non-Star bagi Penjual Non-Star dengan jumlah pesanan lebih dari 100, adalah Rp 10.000 (sepuluh ribu Rupiah) per kuantitas produk.


c)     Shopee berhak mengubah maksimum nilai Biaya Layanan Program Gratis Ongkir Xtra dari waktu ke waktu dengan pemberitahuan kepada Peserta Program.


d)    Apabila Penjual Star/Star+ atau Penjual Non-Star yang bersangkutan telah mengikuti program promosi atau program khusus yang diselenggarakan oleh Shopee untuk memberikan keuntungan lainnya untuk penjual dan dalam program tersebut Penjual Star/Star+ dan Penjual Non-Star telah mendapatkan suatu diskon khusus, maka Penjual Star/Star+ atau Penjual Non-Star tersebut menjadi tidak berhak untuk mendapatkan Diskon Biaya Layanan yang disebutkan di ayat (6) di atas.


8.     Biaya Layanan Program Gratis Ongkir Xtra merupakan Biaya Layanan tambahan dari biaya-biaya administrasi lainnya yang dibebankan kepada Penjual secara khusus.


9.     Peserta Program akan mendapatkan subsidi biaya kirim yang dapat digunakan oleh Pembeli (“Subsidi Biaya Kirim”) dengan nilai nominal tertentu yang akan diterbitkan dalam bentuk voucher elektronik (“Voucher Gratis Ongkir”). Voucher Gratis Ongkir dapat digunakan oleh Pembeli dengan minimum nilai belanja sebesar Rp 30.000,00 (tiga puluh ribu Rupiah) (“Nilai Minimum Belanja”). Sewaktu-waktu Shopee berhak untuk mengubah nilai Subsidi Biaya Kirim dan Nilai Minimum Belanja sesuai dengan kebijakan dan pertimbangan Shopee dengan pemberitahuan kepada Peserta Program.


10.  Berikut adalah jumlah Subsidi Biaya Kirim dan ketentuan Nilai Minimum Belanja yang berlaku:


Nilai Minimum Belanja

Subsidi Biaya Kirim

Catatan

Rp 30.000 (tiga puluh ribu Rupiah)

Maksimum Rp 10.000 (sepuluh ribu Rupiah)

Khusus untuk pesanan di Pulau Jawa

Rp 50.000 (lima puluh ribu Rupiah)

Maksimum Rp 40.000 (empat puluh ribu Rupiah)

Khusus untuk pesanan di luar Pulau Jawa








11.  Apabila biaya kirim aktual yang dibebankan kepada Pembeli lebih dari nominal Subsidi Biaya Kirim yang ditentukan, maka Pembeli berkewajiban untuk menanggung sisa biaya kirim tersebut. 

 


12.  Peserta Program mengakui dan setuju bahwa Biaya Layanan Program Gratis Ongkir Xtra akan secara tetap dibebankan kepada Peserta Program dalam hal (i) Pembeli menyelesaikan transaksi dengan atau tanpa menggunakan Voucher Gratis Ongkir yang disediakan untuk Penjual, atau (ii) Pembeli menyelesaikan transaksi dengan atau tanpa menggunakan jasa kirim Shopee Express Standard, Shopee Express Instant, J&T Express, J&T Jemari, J&T Economy, SiCepat REG, SiCepat Halu, Ninja Xpress, ID Express atau Anteraja.


13.  Program Gratis Ongkir Xtra hanya berlaku dan dapat digunakan untuk pengiriman yang dilakukan oleh penyedia jasa logistik tertentu yaitu Shopee Express Standard, Shopee Express Instant, J&T Express, J&T Jemari, J&T Economy, SiCepat REG, SiCepat Halu, Ninja Xpress, ID Express, atau Anteraja. Apabila Pembeli memilih jasa pengiriman selain Shopee Express Standard, Shopee Express Instant, J&T Express, J&T Jemari, J&T Economy, SiCepat REG, SiCepat Halu, Ninja Xpress, ID Express, atau Anteraja, maka pembeli tidak dapat menggunakan Voucher Gratis Ongkir dan akan dikenakan tarif pengiriman sesuai dengan yang ditentukan oleh jasa pengiriman yang dipilih oleh Pembeli.


14.  Shopee berhak untuk menangguhkan dan/atau memberhentikan Program Gratis Ongkir Xtra untuk Peserta Program tertentu apabila:


(a)   Shopee menemukan adanya indikasi kecurangan atau penyalahgunaan oleh Peserta Program. Dalam hal Shopee menemukan adanya indikasi kecurangan atau penyalahgunaan oleh Peserta Program yang merugikan Shopee, Shopee berhak untuk meminta Peserta Program untuk menanggung seluruh Subsidi Biaya Kirim yang telah diberikan kepada Peserta Program selama mengikuti Program Gratis Ongkir Xtra; dan/atau


(b)   Penjual mendapatkan akumulasi 3 poin penalti atau lebih sesuai dengan Ketentuan Poin Penalti. Ketentuan mengenai poin penalti dan jumlah poin penalti dalam hal ini sesuai dengan yang terdapat di halaman performa toko di Seller Centre (“Ketentuan Poin Penalti”). Untuk menghindari keragu-raguan, “Seller Centre” adalah Seller Centre yang terdapat di dalam Platform Shopee. Dalam hal Program Gratis Ongkir Xtra diberhentikan dengan alasan penalti, Penjual setuju dan mengakui bahwa tidak ada pengembalian dana atau kompensasi yang akan diberikan dari Shopee untuk Penjual.


15.  Apabila Peserta Program bermaksud memberhentikan keikutsertaannya pada program, maka Peserta Program dapat mengisi formulir yang dapat dilihat di tautan ini. Dalam hal Peserta Program mengajukan permintaan untuk memberhentikan keikutsertaannya pada maksimum hari Senin, Pk 10.00 WIB, maka Peserta Program tersebut akan diberhentikan keikutsertaannya pada hari Sabtu yang jatuh pada minggu yang sama. Dalam hal Peserta Program mengajukan permintaan untuk memberhentikan keikutsertaannya setelah hari Senin, Pk 10.00 WIB, maka Peserta Program tersebut akan diberhentikan keikutsertaannya pada hari Sabtu yang jatuh pada minggu berikutnya.


16.  Shopee berhak untuk sewaktu-waktu mengubah, menambahkan, atau memodifikasi syarat dan ketentuan ini tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna.


Terakhir diubah: 18 Desember 2020



Mau support lewat mana?

Terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan Support Kami. Tekan tombol merah!

Posting Komentar

© ARMAILA.com. All rights reserved. Developed by Saifullah.id