Status Resmi Ayasofya Akan Diumumkan Hari Ini‼️🔊

Kenapa sih pemerintah Rusia, AS, Yunani dan UNESCO sampai mendesak agar Ayasofya tetap menjadi museum?Ayasofya diperkirakan sudah berdiri selama 1.478 tahun dan dianggap bangunan bersejarah bagi dua agama. Dan hari ini apakah sejarah baru akan tercatat?
Status Resmi Ayasofya Akan Diumumkan Hari Ini‼️🔊

Status Resmi Ayasofya Akan Diumumkan Hari Ini

Kenapa sih pemerintah Rusia, AS, Yunani dan UNESCO sampai mendesak agar Ayasofya tetap menjadi museum?

Mari kita bahas sejarah singkat bangunan Ayasofya ini

⛪ Ayasofya pertama kali dibangun sebagai gereja dan diresmikan pada 15 Februari 360 M di era Bizantium pada masa pemerintahan Konstantinus II.

⛪ Terjadi pemberontakan di era pemerintahan Justinian dan bangunan Ayasofya sempat rusak, kemudian Justinian membangun kembali Ayasofya pada tahun 537.

🕌 Setelah penaklukan Istanbul pada tahun 1453. Fatih Sultan Mehmet segera pergi ke Ayasofya dan memerintahkan gedung itu diubah menjadi masjid.

🕌 Berabad-abad difungsikan sebagai masjid di era Kekhilafahan Osmani, Ayasofya direnovasi untuk menambah elemen-elemen Islami seperti dibuatkan menara, mihrab dan dibuat menghadap ke arah kiblat.

🏬 Republik Turki berdiri. Kemudian pada tahun 1934 atas perintah Mustafa Kemal dan keputusan Dewan Menteri, Ayasofya diubah menjadi museum dan dibuka untuk wisatawan dunia.

🏬 UNESCO menetapkan Ayasofya sebagai situs warisan dunia pada tahun 1985.

Ayasofya diperkirakan sudah berdiri selama 1.478 tahun dan dianggap bangunan bersejarah bagi dua agama. Dan hari ini apakah sejarah baru akan tercatat?

#HagiaSophia #Ayasofya #Istanbul
Sumber: Turkish Bahasa


Mau support lewat mana?

Terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan Support Kami. Tekan tombol merah!
© ARMAILA.com. All rights reserved. Developed by Saifullah.id