Apa Arti Dollar Kuning di Youtube Cara Mengatasi Dollar Kuning Youtube

Advertisement

Advertisement

Armaila Advertisement
#Combo17GbArmailaV2
Rakan sebet Armaila.com mungkin pernah mengalami ikon monetisasai di youtube yang sebelumnya berwarna hijau berubah menjadi kuning. Lalu Apa Arti Dollar Kuning di Youtube tersebut? Apakah ini sebuah masalah bagi yang sudah bergabung menjadi partner youtube?

Apa Arti Dollar Kuning di Youtube Cara Mengatasi Dollar Kuning Youtube

Apa Arti Dollar Kuning di Youtube

Ini sebenarnya bukanlah masalah jika konten tersebut tidak ditargetkan untuk memberikan penghasilan. Namun, jika dari namanya saja sudah dimonetisasi maka tanpa dipungkiri lagi salah satu tujuan membuat konten di youtube adalah mendapatkan dollar yang ditandai dengan dollar warna hijau pada setiap kontennya.

Lalu jika hanya dollar kuning apakah berarti tidak mendapatkan penghasilan dari youtube?. Jika ikon $ monetisasi video teman teman di Pengelola Video berubah antara hijau (dimonetisasi)  atau  dan kuning (dibatasi atau tanpa iklan)  atau , ini karena sistem iklan otomatis menjalankan beberapa pemindaian untuk menentukan apakah video tertentu mematuhi pedoman konten yang cocok untuk pengiklan atau tidak.

Singkatnya, jika mendapatkan dollar   atau  warna kuning  maka dapat disimpulan bahwa iklan akan dibatasi untuk muncul di konten tersebut bahkan atau tanpa iklan sama sekali.

Cara Mengatasi Dollar Kuning Youtube

Untuk mengetahui lebih awal tentang kemungkinan apakah konten Anda akan menerima ikon berwarna kuning atau tidak, Anda dapat mengupload video dengan setelan tidak publik dan memeriksa status monetisasi sebelum mengubah setelan video menjadi publik. Mengupload video dengan setelan tidak publik tidak akan memengaruhi performa video tersebut di sistem penelusuran dan penemuan youtube, karena sistem tersebut baru mulai berlaku ketika setelan video diubah menjadi publik.
Youtube biasanya melakukan klasifikasi awal pada video dalam waktu 2 jam setelah diupload. Jika ikonnya berwarna kuning, Anda dapat mengambil langkah untuk memastikan video tersebut akan dimonetisasi sebelum memublikasikannya:
  • Jika channel memiliki lebih dari 10.000 subscriber: Anda dapat meminta peninjauan manual untuk video dengan setelan tidak publik, terlepas dari jumlah penayangannya. Kemudian, Anda dapat menunggu untuk memublikasikan video tersebut hingga menerima update email hasil peninjauan. Harap diingat bahwa ketika menunggu keputusan peninjauan, warna ikon video dapat berubah antara kuning dan hijau.
  • Jika channel Anda memiliki kurang dari 10.000 subscriber: Pastikan Anda telah meninjau pedoman konten yang cocok untuk pengiklan, bukan hanya untuk konten video, tetapi juga untuk judul, deskripsi, thumbnail, dan tag. Jika Anda melakukan penyesuaian pada judul, deskripsi, atau thumbnail, sistem akan memeriksa video kembali dalam waktu 24 jam (tanpa harus meminta peninjauan manual).

Mendapatkan peninjauan manual terkait keputusan monetisasi

Jika Anda melihat ikon kuning dan merasa itu merupakan kekeliruan, Anda dapat meminta peninjauan. Permintaan peninjauan akan dikirim untuk ditinjau secara manual. 
Catatan: Status ikon video dapat berubah bahkan setelah Anda meminta peninjauan. Sistem youtube terus menjalankan pemindaian hingga peninjauan selesai. Youtube akan memberi tahu keputusan akhir terkait peninjauan video Anda lewat email, atau lewat tulisan "dikonfirmasi dengan peninjauan manual" di daftar video Anda.

Apakah Setelah Peninjauan Manual Secara Otomatis Tanda dollar Kembali ke warna hijau  atau  ?

Dari pengalaman Admin yang pernah share di salah satu channel kami. Ternyata hasil peninjauan tidak langsung berubah berwarna hijau seperti balasan email youtube berikut ini.


yt-partner-support@google.com

24 Des 2019 13.31 (1 hari yang lalu)
kepada saya

Namun Armaila.com mencoba saran salah seorang member grup di facebook yang menyarankan untuk menghapus konten, lalu diedit sedikit dan diupload lagi.

Setelah melakukan langkah tersebut. setelah diupload dan masih dalam posisi tidak publik saat ini dollarnya masih berwarna kuning untuk konten yang kami upload pada 24/12/2019 tadi malam.

Apa Arti Dollar Kuning di Youtube Cara Mengatasi Dollar Kuning Youtube

Saat akan meminta peninjauan manual. kami sudah menghapus semua tag dan deskripsi. Bahkan thumbnailnya juga tidak dibuat secara manual namun sesuai thumbnail yang disarankan oleh youtube sendiri.

Advertisement