Penghasilan Anda Berisiko - Anda perlu memperbaiki beberapa masalah file ads.txt untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda

Advertisement

Advertisement

Armaila Advertisement
#Combo17GbArmailaV2
Penghasilan Anda Berisiko - Anda perlu memperbaiki beberapa masalah file ads.txt untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda | Tadi malam admin mendapatkan dan melihat ada notifikasi dari google tentang status adsense. Isi pesan singkatnya adalah "Penghasilan Anda Berisiko - Anda perlu memperbaiki beberapa masalah file ads.txt untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda"

Penghasilan Anda Berisiko - Anda perlu memperbaiki beberapa masalah file ads.txt untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda

Penyebab Muncul Masalah file ads.txt

Dari informasi yang admin lihat dari laporan google adsense. Pada 24 juli 2019 kemarin jumlah klik naik 2 kali lipat dari hari hari biasanya. Mungkin karena kenaikan jumlah klik ini pihak google memberikan informasi penting ini untuk melakukan hal yang perlu dilakukan.

Armaila mencoba memahami penyebab muncul pesan atau notifikasi tersebut. Didalam pesan yang masuk ada 2 tombol informasi yang diberikan oleh google support yaitu:
Tombol Perbaiki Sekarang
Tombol Pelajari Lebih Lanjut

Berhubung ini adalah kali pertama Armaila melihat pesan tersebut maka admin mencoba untuk mempelajari lebih lanjut apa maksud masalah file ads.txt

Apa Itu file ads.txt ?

Berhubung minim pengetahuan maka admin langsung membuka link yang diberikan oleh google support ini.

Authorized Digital Sellers, atau ads.txt adalah inisiatif IAB yang membantu memastikan inventaris iklan digital hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah diidentifikasi. 

Tujuan Membuat file ads.txt ini untuk memberi Anda kontrol yang lebih besar terhadap siapa yang diizinkan untuk menjual iklan di situs kita dan membantu mencegah inventaris palsu ditampilkan kepada pengiklan.

Contoh sederhana

Google adsense merupakan salah satu penerbit iklan digital yang ditayangkan oleh publisher adsense di situsnya. Jika publisher membuat ads.txt di domain yang dipasangi iklan adsense, maka pemasang iklan yakin bahwa iklan di situs tersebut memang berasal dari Google Adsense. Karena bisa saja iklan mirip, namun bukan dari Google adsense.

Dengan memiliki file ads.txt ini akan sangat membantu pembeli inventaris iklan mengidentifikasi inventaris palsu sehingga kita menerima lebih banyak pembelanjaan pengiklan yang mungkin dibelanjakan pada inventaris palsu.

Dengan demikian jika menerima warning tentang ads.txt seperti di atas namun iklan adsense masih tampil, dapat diabaikan, nanti akan hilang sendiri. Namun jika iklan tidak muncul, maka pembuatan ads.txt wajib dilakukan. Jika tidak, maka iklan akan tetap tidak tampil sehingga pendapatan jelas tidak ada (seperti iklan yang dipasang pada situs yang belum di-otorisasi.

Cara memeriksa situs mana yang memiliki file ads.txt yang salah

Jika notifikasi tentang ads.txt muncul di adsense kita. Maka untuk mengetahui situs mana yang bermasalah maka kita bisa melihat di list Situs - Klik Disini. Selanjutnya kita akan diarahkan  untuk mendownload file ads.txt lalu upload ke domain tingkat root dari setiap situs yang bermasalah.

Cara memeriksa situs mana yang memiliki file ads.txt yang salah


Jika melihat notifikasi ads.txt di akun Anda, buka halaman Situs untuk melihat daftar situs yang terpengaruh.

Cara Membuat Ads.txt Untuk Blogger

Berhubung admin menggunakan hosting blogger maka dari google support dijelaskan bahwa Jika blog Anda dimonetisasi dengan penyedia pihak ketiga, atau telah mengintegrasikan AdSense secara manual di blog, Anda perlu menyiapkan isi file ads.txt secara manual.

Login ke Blogger.
Di kiri atas, klik Panah bawah .
Klik blog tempat Anda ingin menyiapkan file ads.txt.
Di bagian kiri, klik Setelan.
Di bagian "Setelan", klik Preferensi penelusuran.
Di bagian "Monetisasi", temukan "ads.txt kustom" lalu klik Edit.
Klik Ya.
Salin setelan dari penyedia monetisasi pihak ketiga dan tempelkan di kotak teks.
Sebagai contoh:
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Penting: Pastikan Anda mengganti pub-0000000000000000 dengan ID penayang Anda sendiri.

Klik Simpan setelan.

Opsional: Untuk memeriksa isi file ads.txt Anda, buka http://<alamat blog Anda>/ads.txt.

Catatan: Jika blog Anda tidak dimonetisasi, atau hanya dikonfigurasi untuk menjalankan AdSense menggunakan integrasi Blogger-AdSense, Anda tidak perlu menyiapkan ads.txt secara manual. Blogger akan melakukannya untuk Anda.
Advertisement