Shalat Tarawih Berjama'ah dan Sendirian, Mana Lebih Utama? Tanya Jawab Ustadz Adi Hidayat

Advertisement

Advertisement

Armaila Advertisement
#Combo17GbArmailaV2
Shalat Tarawih Berjama'ah dan Sendirian, Mana Lebih Utama? Tanya Jawab Ustadz Adi Hidayat | Di dalam sesi tanya jawab bersama ustadz adi hidayat pada link video akhyar tv https://www.youtube.com/watch?v=tl5d6poXJOM ada yang bertanya manakah yang lebih utama antara shalat tarawih secara berjamaah dengan shalat tarawih secara sendirian?



Menjawab pertanyaan itu Ustaz Adi Hidayat Lc, MA menjelaskan tentang keutamaan salat berjamaah di masjid. Menurut Ustaz Adi pertanyaan yang disampaikan itu seharusnya: Bagaimana Anda dan keluarga bisa menunaikan salat tarawih berjamaah di masjid?

"Kalau Anda bisa lakukan, dibandingkan memilih rumah atau masjid, dan Anda bisa salat di masjid, maka itu lebih baik," jelas Ustaz Adi.

Imam An Nawawi menukil riwayat Al Bukhari Al Muslim

"Shalat jama'ah lebih utama dari shalat sendirian sebanyak 27 derajat"

Dari hadis tersebut, Ustaz Adi menegaskan bahwa pahala yang didapat lebih banyak jika salat berjamaah di masjid.

"Anda mau berangkat dapat 23 derajat, langkah pertama diangkat derajatnya, langkah selajutnya dihapus dosanya. Hadir di masjid pahala jamaah 27 derajat, banyak pahala yang akan didapat jika salat di masjid daripada di rumah," ungkapnya.

Meski begitu, lanjut Ustaz Adi, jika istri atau perempuan memiliki uzur atau tidak mampu salat di masjid, maka bisa juga salat di rumah. 

"Salat di rumahnya lebih utama, nilainya sama dengan yang salat di masjid," paparnya.

Advertisement