Perbedaan Panggilan Abi, Buya, Abati - Tanya Jawab Ustadz Adi Hidayat

Advertisement

Advertisement
Perbedaan Panggilan Abi, Buya, Abati - Tanya Jawab Ustadz Adi HidayatBagi orang tua yang baru atau akan memiliki anak, tentu perlu memikirkan panggilan apa yang akan diajarkan kepada anaknya kelak. Panggilan dari anak kepada orang tua pastinya sangat bermakna. Namun di Indonesia panggilan anak kepada orang tua tidaklah rumit dan mempunyai makna umum. Panggilan dari anaknya berarti beliau tersebut merupakan bapak atau ibu dari anak yang memanggil.

Contohnya: Bapak - Ibu, Ayah - Ibu, Ayah - Bunda, Papa - Mama, Papi - Mami, dll.
Karena di Indonesia mayoritas muslim dan Bahasa Arab sangat populer, maka tidak jarang panggilan anak kepada orang tua dibiasakan menggunakan Bahasa Arab seperti Abi - Ummi. Namun banyak penggunaannya digeneralisir menjadi umum seperti layaknya Ayah - Ibu, padahal sejatinya panggilan tersebut adalah bahasa orang yang artinya akan berbeda jika tidak dilandasi ilmu. Berikut sy berupaya memberikan keterangan sekilas tentang perbedaan panggilan anak kepada orang tua dalam Bahasa Arab.
Abu اب 
Untuk menunjukkan penghormatan kepada seseorang ayah yang baru memiliki anak pertama/panggilan bapaknya atau bapak dari seorang anak. Misalnya Rasulullah mempunyai anak bernama Al-Qasim, jadi bapaknya Al-Qasim disebut Abul Qasim

Ummu ام
Untuk menunjukkan penghormatan kepada seseorang ibu yang baru memiliki anak pertama/panggilan ibunya atau ibu dari seorang anak. Misalnya ibu mempunyai anak bernama Aisyah, jadi jika dipanggil Ummu Aisyah artinya ibunya Aisyah.

Abi ابي
Untuk menunjukkan penghormatan dari anak kepada bapaknya, abi artinya bapakku. 

Ummi امي
Untuk menunjukkan penghormatan dari anak kepada ibunya, ummi artinya ibuku.

Buya بوي
Untuk menunjukkan panggilan sayang dari anak kepada bapaknya atau karena nilai keutamaan (keilmuan) yg melekat pada seseorang. Buya artinya juga bapak.

Muya موي
Untuk menunjukkan panggilan sayang dari anak kepada ibunya atau karena nilai keutamaan (keilmuan) yg melekat pada seseorang. Muya artinya juga ibu.

Abati ابت
Untuk menunjukkan panggilan hormat sekaligus sayang dari anak kepada bapaknya.  Abati artinya juga bapak.

Amati امت
Untuk menunjukkan panggilan hormat sekaligus sayang dari anak kepada ibunya.  Amati artinya juga ibu.

Katerangan di atas diambil dari kajian ustad Adi Hidayat, Lc, MA. Dan berikut ini cuplikan videonya

Advertisement