Minggu, 24 Februari 2019

Surat At Takatsur (Bermegah-Megahan) 8 Ayat - Al Qur'an dan Terjemahannya

Advertisement

Advertisement
Surat At Takatsur (Bermegah-Megahan) 8 Ayat - Al Qur'an dan Terjemahannya | Surat At Takaatsur terdiri atas 8 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al Kautsar. Dinamai At Takaatsur (bermegah-megahan) diambil dari perkataan At Takaatsur yang terdapat pada ayat pertama surat ini. 

Pokok-pokok isinya:
Keinginan manusia untuk bermegah-megahan dalam soal duniawi, sering melalaikan manusia dari tujuan hidupnya. Dia baru menyadari kesalahannya itu setelah maut mendatanginya; manusia akan ditanya di akhirat tentang nikmat yang dibangga-banggakannya. 

Surat At Takatsur (Bermegah-Megahan) 8 Ayat - Al Qur'an dan Terjemahannya

Surat ini mengemukakan celaan dan ancaman terhadap orang-orang yang bermegah-megahan dengan apa yang diperolehnya dan tidak membelanjakannya di jalan Allah. Mereka pasti diazab dan pasti akan ditanya tentang apa yang dimegah-megahkannya itu. 

HUBUNGAN SURAT AT TAAKATSUR DENGAN SURAT AL 'ASHR

1. Pada surat At Taakatsur Allah menerangkan keadaan orang yang bermegah-megahan dan disibukkan oleh harta harta benda sehingga lupa mengingat Allah, sedang surat Al 'Ashr menerangkan bahwa manusia akan merugi, kecuali mereka beriman, beramal saleh dan nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.

2. Pada surat At Taakatsur Allah menerangkan sifat orang yang mengikuti hawa nafsunya, sedang pada surat Al 'Ashr menerangkan sifat orang-orang yang tidak merugi. 

Surat At-Takasur

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

  1. اَلْهٰىكُمُ التَّكَاثُرُۙal-hākumut-takāṡurBermegah-megahan telah melalaikan kamu,
  2. حَتّٰى زُرْتُمُ الْمَقَابِرَۗḥattā zurtumul-maqābirsampai kamu masuk ke dalam kubur.
  3. كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُوْنَۙkallā saufa ta'lamụnSekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu),
  4. ثُمَّ كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُوْنَ ṡumma kallā saufa ta'lamụnkemudian sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui.
  5. كَلَّا لَوْ تَعْلَمُوْنَ عِلْمَ الْيَقِيْنِۗkallā lau ta'lamụna 'ilmal-yaqīnSekali-kali tidak! Sekiranya kamu mengetahui dengan pasti,
  6. لَتَرَوُنَّ الْجَحِيْمَۙlatarawunnal-jaḥīmniscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahim,
  7. ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيْنَ الْيَقِيْنِۙṡumma latarawunnahā 'ainal-yaqīnkemudian kamu benar-benar akan melihatnya dengan mata kepala sendiri,
  8. ثُمَّ لَتُسْـَٔلُنَّ يَوْمَىِٕذٍ عَنِ النَّعِيْمِṡumma latus`alunna yauma`iżin 'anin-na'īmkemudian kamu benar-benar akan ditanya pada hari itu tentang kenikmatan (yang megah di dunia itu).

Advertisement