Koleksi Contoh Soal CPNS CAT dan Jawabannya

Koleksi Contoh Soal CPNS CAT dan Jawabannya | Di tahun 2018 ini pemerintah termasuk Kanwil Kemenag Aceh kembali membuka kesempatan kepada putra putri anak bangsa indonesia untuk daftar calon pegawai negeri sipil. Nah kali ini Armaila akan berbagi contoh soal CPNS berupa CAT. Software atau program ini bukanlah bagian dari BKN, namun aplikasi CAT ini akan membantu anda menambah pengalaman dalam menghadapi seleksi CPNS nanti.

Koleksi Contoh Soal CPNS CAT dan Jawabannya

Sistem ujian menggunakan komputer atau CAT CPNS ini sudah digunakan oleh pemerintah sejak tahun 2013 an. Biasanya ketika dalam proses seleksi penerimaan CPNS baik di pusat ataupun di daerah. Oleh karena itu, bagi yang belum mengerti apa itu sistem tes ujian dengan sistem CAT, bacalah dengan teliti artikel ini. Agar nantinya dapat mencoba mengugunakan contoh soal CPNS CAT dan jawabannya.


Sistem ujian tes dengan CAT saat proses seleksi CPNS ini merupakan sebagai ganti sistem manual. Tujuannya adalah agar ujian tes seleksi cpns lebih bersifat terbuka dan transparan. Sehingga akan dapat mengurangi resiko adanya kemungkinan kebocoran soal yang dapat disebarluaskan. Terutama oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.
Dengan menggunakan sistem ujian cpns CAT, maka hasil dari ujian juga langsung dapat diketahui oleh peserta. Jadi, ini juga dapat lebih menguntungkan dan transparan, karena nilai langsung keluar.
Memahami dan mengerti materi soal-soal tes CPNS sistem CAT sangat penting bagi peserta. Yaitu peserta yang akan melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar(SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).
Dengan mempelajari terlebih dahulu materi soal tes CPNS sistem CAT, nantinya peserta akan lebih fokus. Peserta akan terbiasa fokus dalam mengerjakan soal-soal tes yang akan dikeluarkan pada ujian.
Kumpulan soal tes CPNS dan jawabannya sudah disusun berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9 Tahun 2012. Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil.
Berpedoman dengan peraturan ini, maka Soal CAT CPNS terdiri atas dua bagian. Yaitu Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB).
Biasa kita menyebutnya sebagai tes ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).
Lebih jelasnya mengenai kumpulan materi soal tes cpns SKD dan SKB, silahkan dibaca keterangan berikut.
Kumpulan Materi soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
Materi soal CAT CPNS Tes Kompetensi Dasar (TKD) terdiri dari tiga bentuk, adalah :
  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
    Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK yaitu tes yang digunakan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan peserta ujian CPNS dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pilar Kebangsaan Indonesia.
    Materi Tes Wawasan Kebangsaaan meliputi sebagai berikut.
    Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Sistem Tata Negara Indonesia, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Sejarah Perjuangan Bangsa, Peranan Bangsa Indonesia, Kemampuan Berbahasa Indonesia.
  2. Tes Intelejensi Umum (TIU)
    Tes Intelejensi Umum adalah tes untuk mengukur intelegensi peserta ujian CPNS dalam analisa numerik (angka), verbal (bahasa), serta berpikir logis dan analitis, meliputi materi sebagai berikut.
    1. Tes Analisa Verbal
    – Sinonim (Persamaan Kata)
    – Antonim (Lawan Kata)
    – Padanan Hubungan Kata
    – Pengelompokan kata
    2. Tes Analisa Numerik
    – Aritmetik (Hitungan)
    – Seri Angka
    – Seri Huruf
    – Logika Angka
    – Angka dalam Cerita
    3. Tes Logis dan Analitis
    – Logika Umum
    – Analisa Pernyataan
    – Kesimpulan Silogisme
    – Logika Cerita
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
    Tes Karakteristek Pribadi merupakan tes psikologi guna meneliti karakter kepribadian peserta dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi. Materi soal Tes Karakteristik Pribadi meliputi sebagai berikut.
    Integritas diri, Semangat berprestasi, Orientasi pada pelayanan, Kemampuan beradaptasi, Kemampuan mengendalikan diri. Keterampilanbekerja mandiri dan tuntas, Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.
    Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, Menggerakkan dan mengkoordinir orang lain, Orientasi kepada orang lain, Kreativitas dan inovasi.

Password rar: ARMAILA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

DAFTAR CUG TELKOMSE