Pengalaman Pertama Praktek Membuat Lower Third di After Effect

Pengalaman Pertama Praktek Membuat Lower Third di After Effect | Kata kata lower third peratma sekali Armaila ketahui dari youtube ketika mencari informasi cara membuaat text muncu lalu terhapus kembali. Agak susah sih menjelaskan apa yang kita maksudkan. Namun ternyata ada istilah tersendiri rupanya.
Pengalaman Pertama Praktek Membuat Lower Third di After Effect

Di dunia per televisian, kata kata lower third merupakan pengertian dari endstrap. Endstrap merupakan  template di bagian sepertiga paling bawah dari layar televisi (lower third) yang muncul di bagian akhir promo berisi informasi waktu dan tanggal dari sebuah program.

Di artikel ini Armaila tidak berbicara bagaimana cara membuat lower third di after effect melainkan menguraikan informasi yang kami dapatkan dari youtuber seputar cara membuat lower third sekaligus beberapa shortcut yang digunakan. 

Pada Pengalaman Pertama Praktek Membuat Lower Third di After Effect ada dua video yang menjadi rujukan Armaila, yaitu: 

#Pertama
Pemuda Setempat "After Effect | Tutorial - Cara Membuat Lower Third (Bahasa Indonesia)"

Untuk langkah langkahnya silahkan simak langsung dari video tersebut. 

Poin penting yang kami ambil dari informasi video tersebut adalah:
Settingan composition dipilih advanced centang kotak "Template unlocked text layers editable in premiere pro". Pilihan ini sangat membantu saat composition ini dimasukkan ke adobe premiere akan bisa diedit lagi, tetapi dengan akses editan yang terbatas tentunya.

Template unlocked text layers editable in premiere pro

Shortcuts Tab position (p)

Shortcuts Tab position (p)

Shortcuts tab scale (s)
Shortcut ctrl + d untuk menduplikat shape
Membuat animasi bengkok menjadi tegak lurus - Gunakan tool pen tool lalu tekan alt di keyboard dan klik kotak kecil pada bagian animasi yang bengkok.

Membuat animasi bengkok menjadi tegak lurus - Gunakan tool pen tool lalu tekan alt di keyboard dan klik kotak kecil pada bagian animasi yang bengkok

Membuat shape alpha matte yang berfungsi untuk membuat objek tertentu muncul atau hilang mengikuti animasi shape alpha matte

Membuat shape alpha matte yang berfungsi untuk membuat objek tertentu muncul atau hilang mengikuti animasi shape alpha matte

Ctrl A semua shape lalu tekan Shortcuts Ctrl + Shift + C untuk membuat "Pre Compose"

Ctrl A semua shape lalu tekan Shortcuts Ctrl + Shift + C untuk membuat "Pre Compose"
Membuat animasi out sebagai balasan animasi in dengan cara memanfaat fitur time remapping dengan cara klik kanan shape - Time - Enable time remapping.

Membuat animasi out sebagai balasan animasi in dengan cara memanfaat fitur time remapping dengan cara klik kanan shape - Time - Enable time remapping
Selanjutnya aktifkan time remapping pada animasi in yang telah dibuat. dan pada bagian akhir dikembali ke nol. Jadi seperti gerak mundur. Poin ini nih yang Armaiala dapatkan di channel Pemuda Setempat yang tidak ada dijelaskan oleh channel Dope Motions.

#Kedua
Dope Motions "Clean & Professional Lower Thirds in After effect - After Effect Tutorial"
Dari videonya, hal yang menarik adalah pembuatan animasi yang untuk pemula seperti saya terasa sudah sangat luar biasa. Namun kendala yang Armaila temukan adalah saat membuat animasi garis kotak yang selalu gagal. Ada pun untuk garis lurus sangat mudah membuatnya.

membuat animasi garis kotak yang selalu gagal

Inilah Pengalaman Pertama Praktek Membuat Lower Third di After Effect, semoga kedepannya bisa disempurnakan lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

DAFTAR CUG TELKOMSE