Rem Blong Saat Turunan Jalan Pantan Terong dan Penyebab Rem Blong Pada Motor Matic

Rem Blong Saat Turunan Jalan Pantan Terong dan Penyebab Rem Blong Pada Motor Matic | Armaila - Pantan Terong adalah sebuah bukit yang terletak di puncak bukit Dataran Tinggi Gayo Takengon Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Bukit ini berada pada ketinggian lebih dari 1.350 meter di atas permukaan laut.


Dari tempat ini selain tampak ibu kota Takengon dan Danau Laut Tawar secara keseluruhan, juga lapangan Pacuan Kuda Belang Bebangka di Kecamatan Pegasing, bandar udara Rembele di Simpang Tiga Redelong, dengan diapit serta dikelilingi punggung gunung bukit barisan yang elok.

Pada 5 Mei 2018 yang lalu, Adik kami kebetulan liburan ke Tanoh Gayo dan kami mengajaknya untuk bermain ke salah satu destinasi wisata di tanoh gayo ini yaitu Pantan Terong.

Dengan kendaraan moto matic kami menempuh jalannya yang menanjak. Berhubung kendaraan yang digunakan oleh adik kami sudah agak uzur jadi tidak sanggup untuk melanjutkan perjalanan ke puncak, sementara itu kami lebih dahulu menuju lokasi wisata dan hanya tinggal sekitar 300-500 meter lagi sampai ke lokasi.

Karena kendaran adik nggak kuat lagi menanjak akhirnya kami putuskan untuk kembali dan menuruni jalanan pantan terong untuk berkunjung ke bur rintis saja.

Saat jalan pulang ini. Ane menjalankan motor dengan perlahan atau santai sambil menikmati pemandangan. Namun ternyata yang ane lakukan ini sangat berbahaya. Tindakan yang saya lakukan saat itu adalah menutup gas dan mengandalkan rem depan dan belakang. Dan benar saja, rem depan kendaraan matic ane blongggg...

Namun Alhamdulillah, rem blong ini baru terjadi saat kami sudah sampai di persimpangan Buntul Rintis.

Setelah membayar tiket masuk ke destinasi wisatas bur rintis 5000 perorang, sepertinya penjaga bur rintis ini mendengar obrolan kami seputar rem blong. Dia pun memberikan beberapa penjelasan yang bermanfaat.

Penyebab Rem Blong Pada Motor Matic


Rem blong bisa terjadi karena pengoperasian rem yang berlebih. Hal itu mengakibatkan kampas dan piringan rem menjadi panas.

"Efeknya tidak bisa menggigit maksimal,"

Cara mengantisipasinya adalah tidak menutup penuh gas saat turunan, saat gas ditutup penuh yang terjadi adalah free wheel (motor akan semakin meluncur, kondisi yang sama seperti ketika kopling pada motor manual ditarik), kerja rem semakin berat untuk menahan putaran roda,

Namun, itu bukan berarti malah ngegas untuk menambah kecepatan saat turunan. Maksud dari jangan menutup penuh gas saat turunan ini adalah sedikit saja membuka gas agar mesin tetap aktif dengan transmisinya.

"Biasanya kan kalau pakai manual kita tutup gas, terus kan engine menderung kayak engine brake. Kalau matik, kalau dia nutup gas dia otomatis freewheel kayak kopling ditarik. Jadi si rem makin susah nahan rodanya. Antisipasinya adalah, ketika turunan tetap terbuka sedikit. Karena untuk menjaga engine masih aktif. Jadi kayak engine menderung. Dibuka sedikit, ngegantung, sambil mengoperasikan rem,"

saat motor langsung dipacu pada kecepatan rendah saat pemotornya sadar ada turunan di depan. Jika sudah ada di turunan, maksimalkan penggunaan rem belakang dan dibantu dengan rem depan secara bertahap.

"Jangan membiarkan roda terkunci atau menggesek piringan terlalu lama".

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

DAFTAR CUG TELKOMSE