RPP Kurikulum 2013 SMP Seni Budaya Lengkap Kelas 7, 8 dan Kelas 9

RPP Kurikulum 2013 SMP Seni Budaya Lengkap Kelas 7, 8 dan Kelas 9 ini merupakan kelanjutnya perangkat mengajar sebelumnya yaitu RPP Kurikulum 2013 SMP Bahasa Inggris yang juga tentunya disajikan armaila untuk kelas 7, kelas 8 dan kelas 9. Bagi rekan yang membutuhkan RPP Kurikulum 2013 SMP tepatnya untuk mata pelajaran Seni Budaya maka silahkan download RPP tersebut dari link yang ada di akhir artikel ini.

Sebelumnya armaila juga akan paparkan sebagai isi dari RPP Kurikulum 2013 SMP Seni Budaya berikut ini. Untuk selengkapnya ada dalam format zip yang bisa anda download nanti.

RPP Kurikulum 2013 SMP Seni Budaya Lengkap Kelas 7, 8 dan Kelas 9

A.    KOMPETENSI INTI
KI 1 :  Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 :  Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilm  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
KI 4 :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis,membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori

B.    KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya  seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2  Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap  karya seni tari dan pembuatnya
2.3  Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
2.4  Memahami gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu, dan tenaga
2.5  Melakukan gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu, dan tenaga

C.    INDIKATOR PEMBELAJARAN
1.    Menunjukkan sikap percaya diri, peduli dan bertanggung jawab
2.    Memahami gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
3.    Melakukan gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari pokok bahasan ini perserta didik diharapkan mampu :
1.  Mendeskripsikan gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga,
2.  Mengidentifikasikan gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga,
3.  Melakukan eksplorasi gerak tari berdasarkan ruang,waktu, dan tenaga,
4.  Melakukan asosiasi gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga dengan sikap dan sosial budaya masyarakat, dan
5.  Mengomunikasikan gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga baik secara lisan maupun tulisan secara sederhana.

E.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1)    Kegiatan Awal
Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas berikut:
a)    Mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa visual, maupun audio-visual tentang gerak tariruang, waktu, dan tenaga,
b)    Menanyakan melalui diskusi tentang gerak tari berdasarkanruang, waktu, dan tenaga.
2)    Kegiatan inti
Kegiatan inti pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas berikut ini.
a)    Mengeksplorasi gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga,
b)    Mengasosiasi gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga dalam bentuk penampilan tari

3)    Kegiatan penutup
Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan. Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek yaitu pengetahuan yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktek menari.

F.    MATERI PEMBELAJARAN
1.    Elemen Dasr Tari
Elemen dasar tari adalah gerak. Di dalam gerak mencakup ruang, waktu, dan tenaga.
a.    Ruang
Jika kalian melakukan gerakan di tempat tanpa berdiri berarti melakukan  gerak di ruang pribadi, sedangkan jika kalian bergerak berpindah tempat maka kalian melakukan gerak di ruang umum. Gerak di dalam ruang dapat dilakukan sendiri, berpasangan atau berkelompok.

b.    Waktu
Setiap gerak yang dilakukan membutuhkan waktu baik gerak estetis maupun gerak fungsional. Gerak fungsional seperti berjalan  menuju ke  sekolah tentu membutuhkan waktu. Jika jarak yang ditempuh dekat maka waktu yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan dengan jarak yang jauh. Jika jarak yang jauh ingin sama cepatnya dengan jarak yang dekat tiba di tempat, maka gerak yang dilakukan haruslah memiliki kecepatan dua atau tiga kali dari jarak yang dekat.
Perbedaan cepat atau lambat gerak berhubungan dengan tempo. Jadi tempo merupakan cepat atau lambat gerak yang dilakukan. Gerak tari juga memiliki tempo. Fungsi tempo pada gerak tari untuk memberikan kesan dinamis sehingga tarian enak untuk dinikmati.

c.    Tenaga
Setiap kamu melakukan gerak, tentu memerlukan tenaga. Penggunaan tenaga dalam gerak tari meliputi; (a) intensitas, yang berkaitan dengan kuantitas tenaga dalam tarian yang menghasilkan tingkat ketegangan gerak; (b) aksen/tekanan muncul ketika gerakan dilakukan secara tiba-tiba dan kontras; (c) kualitas berkaitan dengan cara penggunaan  atau penyaluran tenaga.
Jika gerak yang dilakukan memiliki intensitas tinggi tentu saja  memerlukan tenaga yang kuat dan sebaliknya, gerak dengan  itensitas rendah memerlukan tenaga yang lemah atau sedikit. Perhatikan pada gambar 8 yaitu seorang penari berdiri di atas punggung kedua temannya. Tenaga  yang digunakan oleh penari untuk menahan temannya tentu lebih besar dibandingkan dengan yang berdiri di atas punggung. Kekuatan tenaga menahan temannya tertumpu pada kedua kaki. 
Tenaga yang dikeluarkan oleh kedua penari yang menyangga temannya akan semakin kuat jika berjalan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.  Coba kalian bandingkan dengan pose gerak pada gambar 9 yang menunjukkan kaki tertahan di lantai dengan sedikit jinjit tentu tenaga yang dikeluarkan tidak sebesar dan sekuat pada gambar 8.

Gerak tari yang bersumber pada tari tradisi Papua kekuatan tenaga banyak pada kaki. Gerak kaki yang cepat dan ritmis merupakan salah satu ciri dari tarian Papua. Gerak tari yang tertumpu pada kaki di Papua dipengaruhi oleh kondisi geografis alam yang berbentuk pegunungan. Kehidupan masyarakat di daerah pegunungan memerlukan kaki kuat untuk dapat mendaki dan menuruni bukit. Kehidupan sosial budaya seperti inilah yang mempengaruhi juga terhadap karya seni tari.

G.    METODE PEMBELAJARAN
-    Praktek
-    Diskusi

H.    EVALUASI PEMBELAJARAN
-    Tugas
-    Portofolio : lembar pengamatan, autentik
I.    SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN
-    Buku Teks :  Eko Purnomo, dkk, Seni Budaya Kelas 7, Kemendikbud, 2013.
-    Buku teks yang sesuai dengan pokok bahasan
-    Video/VCD (jika ada)
-    Gambar Tari

Download RPP Kurikulum 2013 SMP Seni Budaya Lengkap Kelas 7, 8 dan Kelas 9

Download RPP Kurikulum 2013 SMP Seni Budaya Lengkap Kelas 7, 8 dan Kelas 9



Mau support lewat mana?

Terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan Support Kami. Tekan tombol merah!
© ARMAILA.com. All rights reserved. Developed by Saifullah.id