Melakukan penjumlahan, pembagian dan perkalian beruntun di excel



Melakukan penjumlahan, pembagian dan perkalian beruntun di excelbegitu nama judul artikel ini Armaila buat karena memang begitulah keyword yang armaila ketik di google saat mencari bagaimana cara menghitung hasil dari penjumlahan kemudian dilanjutkan dengan pembagian, lagu dikolom berikutnya dilakukan penjumlahan lagi dan diteruskan dengan pembagian lagi dan pada kolom terakhir dilakukan hal yang sam, penjumlahan dan pembagian. Pada akhirnya ditutup dengan pembagian secara keseluruhan. Untuk penjelasan lengkapnya bisa dilihat dari gambar dibawah ini.
 
Melakukan penjumlahan, pembagian dan perkalian beruntun di excel
Melakukan penjumlahan, pembagian dan perkalian beruntun di excel
Udah ngerti lum sobar Armaila. Nah bagi sobat armaila yang mengalami hal yang sama maka di web armaila.com ini akan armaila bagikan solusi dan cara menghitung hasil pembagian, penjumlahan dan perkalian beruntun yang ilmunya armaila dapatkan dari seorang blogger Kota Kuningan dengan artikel fundamentalnya “Sepuluh Jari Arminaven”, Syukron cung muzhoffar.

Untuk menghitung permasalahan diatas maka bisa menggunakan rumus berikut ini;
=(((D10+E10)/2)+((F10+G10+H10+I10)/4)+((J10+K10+L10)/3))/3

Untuk kode D, E, F, G,H I,J,K dan L disesuaikan dengan contoh saat ini, nah jika sobat membuat kolom yang berbeda maka tinggal disamakan aja. Yang perlu dipahami dari rumus diatas adalah setiap penjumlahan dan pembagian diberikan tanda kurung buka dan tutup () dan tidak lupa kode buka dan tutup kurung untuk eksekusi data secara keseluruhan; mari kita urai datanya;
((D10+E10)/2)
+
((F10+G10+H10+I10)/4)
+
((J10+K10+L10)/3)
/3

Karena selain penjumlahan dan pembagian beberapa kolom diatas ada juga pembagian lain secara keseluruhan maka diperlukan penambahan buka kurang diawal data yaitu di ((D10+E10)/2) menjadi (((D10+E10)/2) serta di akhir data sebelum dibagi yaitu di ((J10+K10+L10)/3) menjadi ((J10+K10+L10)/3))/3.
Semoga artikel Melakukan penjumlahan, pembagian dan perkalianberuntun di excel bermanfaat untuk semua


Mau support lewat mana?

Terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan Support Kami. Tekan tombol merah!
© ARMAILA.com. All rights reserved. Developed by Saifullah.id