DOA BERSAMA 37 Masalah Populer Ustadz Abdul Somad

MASALAH KE-25: DOA BERSAMA | 37 Masalah Populer Ustadz Abdul Somad

DOA BERSAMA 37 Masalah Populer Ustadz Abdul Somad 37 Masalah Populer Ustadz Abdul Somad 37 masalah populer ustadz abdul somad pdf  77 masalah populer abdul somad  99 masalah populer abdul somad  99 masalah populer abdul somad pdf  free download 37 masalah populer  37 masalah populer abdul somad pdf download  buku ustadz abdul somad pdf  buku abdul somad pdf

Doa Bersama
Doa bersama bukanlah tradisi buatan Tuk Lebai Kampong yang mudah dibid’ahkan. Yang mengamalkan doa bersama pula merasa ragu-ragu, karena beramal ikut-ikutan saja. Berdoa bersama telah dilaksanakan oleh para nabi sebelum Nabi Muhammad Saw.
Nabi Musa Berdoa, Nabi Harun Mengucapkan, “Amin”.

وَقَالَ مُوسَى رَبَّنَا إِنَّكَ آتََيْتَ فِرْعَوْنَ وَمَلَأَهُ زِينَةً وَأمَْوَالًا فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا رَبَّنَا لِيضُِ لُّوا عَنْ سَبِيلِكَ رَبَّنَا اطْمِسْ
عَلَى أَمْوَالِهِمْ وَاشْدُدْ عَلَى ق لُوبِهِمْ فَلَا يُيْمِنُوا حَتَّى يَرَوُا الْعَذَابَ الْأَلِيمَ

“Musa berkata: "Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau telah memberi kepada Fir'aun dan pemuka-pemuka kaumnya perhiasan dan harta kekayaan dalam kehidupan dunia, ya Tuhan Kami - akibatnya mereka menyesatkan (manusia) dari jalan Engkau. Ya Tuhan kami, binasakanlah harta benda mereka, dan kunci matilah hati mereka, maka mereka tidak beriman hingga mereka melihat siksaan yang pedih”. (Qs. Yunus [10]: 88).



Allah Swt Mengabulkan Doa Nabi Musa dan Nabi Harun.

قَالَ قَدْ أجُِيبَتْ دَعْوَتكُُمَا فَاسْتَقِيمَا

“AlIah berfirman: "Sesungguhnya telah diperkenankan permohonan kamu berdua, sebab itu tetaplah kamu berdua pada jalan yang lurus”. (Qs. Yunus [10]: 89).

Komentar Imam Ibnu Katsir:
ولهذا استجاب الله تعالى لموسى، عليه السلام، فيهم هذه الدعوة، التي أمَّنَ عليها أخوه هارون

Oleh sebab itu Allah Swt mengabulkan doa Nabi Musa as terhadap Fir’aun dan para pengikutnya, doa itu diaminkan oleh Nabi Harun as saudara Nabi Musa as242.

Selanjutkan Imam Ibnu Katsir menyebutkan beberapa riwayat,

قال أبو العالية، وأبو صالح، وعكرمة، ومحمد بن كعب القرظي، والربيا بن أنس: دعا موسى وأمَّنَ هارون، أي: قد أجبناكما
فيما سألتما من تدمير آل فرعون.

Abu al-‘Aliyah, Abu Shalih, ‘Ikrimah, Muhammad bin Ka’ab al-Qarzhi dan ar-Rabi’ bin Anas berkata, “Nabi Musa berdoa dan yang mengaminkan adalah Nabi Harum”. Artinya, “Kami telah mengabulkan doa kamu berdua tentang permohonan kamu berdua untuk menghancurkan pasukan Fir’aun”243.

Hadits:
الداعى والمُيَ مِنُ فى الأجر شريكان

“Orang yang berdoa dan yang mengaminkan berkongsi dalam pahala”.

Disebutkan Imam ad-Dailami dalam Musnad al-Firdaus. Dari Abdullah bin Abbas.
Hadits ini dha’if, tapi dikuatkan firman Allah Swt di atas, demikian disebutkan Syekh Ahmad bin ash-Shiddiq al-Ghumari dalam al-Mudawi fi ‘Ilal al-Jami’ ash-Shaghir wa Syarh al-Munawi, juz.IV, hal.43.

Satu Orang Berdoa, Yang Lain Mengaminkan.

لا يَجْتَمِاُ مَلأ فَيَدْعُو بَعْضُهُمْ وَيُيَ منُ سَائِرُهُمْ إِلا أَجَابَهُمُ اللََّّ المعجم الكبير للطبراني ودلائل النبوة للبيهقي والمستدرك للحاكم
تعليق الحافظ الذهبي في التلخيص : سكت عنه الذهبي في التلخيص

“Tidaklah sekelompok orang berkumpul, lalu sebagian mereka berdoa, semua mereka mengaminkan, melainkan Allah Swt mengabulkan doa mereka”.
Disebutkan dalam al-Mu’jam al-Kabir karya ath-Thabrani, Dala’il an-Nubuwwah karya al-Baihaqi dan al-Mustadrak karya al-Hakim. Imam adz-Dzahabi tidak memberikan komentar terhadap hadits ini.


Komentar Imam Ibnu Hajar al-Haitsami:
قال الهيثمى ) 10 / 170 ( : رجاله رجال الصحيح غير ابن لهيعة وهو حسن الحديث

Para perawinya adalah periwayat ash-shahih, kecuali Ibnu Lahi’ah, statusnya: Hasan al-Hadits.
Shahabat Berdoa, Nabi Muhammad Saw Mengaminkan.



عن إسماعيل بن أمية أن محمد بن قيس بن مخرمة حدثه أن رجلا جاء زيد بن ثابت فسأله عن شيء فقال له زيد : عليك
بأبي هريرة فإنه بين ا أنا و أبو هريرة و فلان في المسجد ذات يوم ندعو الله تعالى و نذكر ربنا خر علينا رسول الله صلى الله
عليه و سلم حتى جلس إلينا قال : فجلس و سكتنا فقال عودوا للذي كنتم فيه قال زيد فدعوت أنا و صاحبي قبل أبي هريرة و
جعل رسول الله صلى الله عليه و سلم ييمن على دعائنا قال : ثم دعا أبو هريرة فقال اللهم إني أسألك مثل الذي سألك
صاحباي هذان و أسألك علما لا ينسى فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم : آمين فقلنا يا رسول الله و نحن نسأل الله علما لا
ينسى فقال : سبقكما بها الدوسي

Dari Ismail bin Umayyah, sesungguhnya Muhammad bin Qais bin Makhramah meriwayatkan kepadanya, ada seorang laki-laki datang kepada Zaid bin Tsabit, ia bertanya tentang sesuatu. Maka Zaid berkata kepadanya, “Hendaklah engkau menemui Abu Hurairah, karena sesungguhnya ketika saya, Abu Hurairah dan fulan berada di masjid pada suatu hari, kami berdoa kepada Allah dan berzikir menyebut-Nya, Rasulullah Saw keluar menemui kami hingga ia duduk bersama kami, lalu kami pun diam. Rasulullah Saw berkata, “Lakukanlah kembali apa yang telah kalian lakukan”. Zaid berkata, “Lalu saya dan sahabat saya berdoa sebelum Abu Hurairah. Rasulullah Saw mengaminkan doa kami. Kemudian Abu Hurairah berdoa, “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu seperti yang dimohonkan kedua sahabatku ini. Dan aku memohon kepada-Mu ilmu yang tidak akan terlupakan”. Rasulullah Saw mengatakan, “Amin”. Kami berkata, “Wahai Rasulullah, kami juga meminta kepada Allah ilmu yang tidak akan terlupakan”. Rasulullah Saw menjawab, “Abu Hurairah telah mendahului kalian berdua”.

Hadits ini disebutkan Imam an-Nasa’i dalam as-Sunan al-Kubra, disebutkan Imam ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Ausath dan disebutkan juga oleh Imam al-Hakim dalam al-Mustadrak. Komentar Imam al-Hakim terhadap hadits ini dalam al-Mustadrak:

صحيح الإسناد و لم يخرجاه

Sanad hadits ini shahih, tapi tidak disebutkan Imam al-Bukhari dan Muslim dalam kitab mereka.
Jibril Berdoa, Nabi Muhammad Saw Mengaminkan.

عن كعب بن عجرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : احضروا المنبر فحضرنا فلما ارتقى درجة قال : آمين
فلما ارتقى الدرجة الثانية قال : آمين فلما ارتقى الدرجة الثالثة قال : آمين
فلما نزل قلنا يا رسول الله لقد سمعنا منك اليوم شيئا ما كنا نسمعه قال : إن جبريل عليه الصلاة و السلام عرض لي فقال :
بعدا لمن أدرك رمضان فلم يغعر له قلت آمين فلما رقيت الثانية قال بعدا لمن ذكرت عنده فلم يصلي عليك قلت آمين فلما رقيت
الثالثة قال بعدا لمن أدرك أبواه الكبر عنده فلم يدخلاه الجنة قلت آمين

Dari Ka’ab bin ‘Ajrah, ia berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Datanglah kalian ke mimbar”. Lalu kami pun datang ke mimbar. Ketika Rasulullah Saw naik ke anak tangga pertama mimbar, ia katakan, “Amin”. Ketika Rasulullah Saw naik ke anak tangga kedua, ia katakan, “Amin”. Ketika Rasulullah Saw naik ke anak tangga kedua, ia katakan, “Amin”.
Ketika Rasulullah Saw turun, kami katakan, “Wahai Rasulullah, kami telah mendengar darimu sesuatu yang belum pernah kami dengar sebelumnya”. Rasulullah Saw menjawab, “Sesungguhnya malaikat Jibril as menawarkan kepadaku, ia berkata, “Celakalah orang yang mendapati Ramadhan, tapi ia tidak diampuni”. Aku katakan, “Amin”.

Ketika aku naik ke anak tangga kedua, Jibril berkata, “Celakalah orang yang ketika namamu disebut, ia tidak bershalawat kepadaku”. Aku katakan, “Amin”.
Ketika aku naik ke anak tangga ketiga, Jibril berkata, “Celakalah orang yang kedua orang tuanya sampai usia tua bersamanya, tapi tidak membuatnya masuk surga”. Aku katakan, “Amin”. (HR. al-Hakim).

Komentar Imam al-Hakim:
هذا حديث صحيح الإسناد و لم يخرجاه

Sanad hadits ini shahih, tetapi tidak disebutkan al-Bukhari dan Muslim dalam kitab mereka.

Komentar Imam adz-Dzahabi:
تعليق الذهبي قي التلخيص : صحيح

Hadits shahih244.

Sumber dari file pdf, 37 Masalah Populer oleh Ustad Abdul Somad Lc MA. Jika terdapat kesalahan copy paste dalam tulisan di atas, terutama untuk huruf arab, silahkan merujuk ke sumber aslinya. Download di sini.



Mau support lewat mana?

Terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan Support Kami. Tekan tombol merah!
© ARMAILA.com. All rights reserved. Developed by Saifullah.id