Semua Tentang Hari Ibu

Advertisement
Advertisement
Semua Tentang Hari Ibu menjadi trending now, dalam artikel singkat ini Armaila coba kumpulan informasi semua tentang hari ibu antara lain; hari ibu tanggal berapa?, hari ibu sedunia tanggal berapa?, ucapan selamat hari ibu dalam bahasa inggris dan artinya, ucapan hari ibu, puisi hari ibu, animasi hari ibu dan tidak lupa juga sejarah hari ibu.

Semua Tentang Hari Ibu

Hari Ibu Tanggal Berapa?

Secara resmi tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu adalah setelah Presiden Soekarno melalui melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 menetapkan bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga saat ini
(ahtechno.com)

Sejarah Hari Ibu

Apa sih sejarah dan makna dari Hari Ibu, dan kenapa tanggal 22 desember ditetapkan sebagai hari ibu? Mari kita cari tahu. Hari Ibu adalah hari peringatan/ perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anaknya, maupun lingkungan sosialnya.

Peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan membebas tugaskan ibu dari tugas rumah tangga yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya.

Hari Ibu diperingati dengan berbagai alasan. Di sebagian negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Ibu atau Mothers Day dirayakan pada bulan Maret. Hal itu berhubungan dengan kepercayaan mereka memuja Dewi Rhea, istri Dewa Kronus, dan ibu para dewa dalam sejarah atau mitologi Yunani Kuno. Di negara seperti Amerika Serikat, Australia, Kanada, Belanda, Malaysia, dan Hongkong, Hari Ibu diperingati pada hari Minggu kedua bulan Mei. Karena hari itu pada 1870 seorang ibu aktivis sosial, Julia Ward Howe, mencanangkan pentingnya perempuan bersatu menghentikan Perang Saudara di Amerika yang belum berserikat.

Sejarah hari ibu telah dikenal pasti sebagai perayaan musim bunga orang-orang Greece, sebagai penghormatan terhadap Rhea, ibu kepada tuhan mereka.

Masyarakat Inggris pada tahun 1600 merayakan hari yang mereka namakan sebagai “Mothering Sunday”. sebagian orang-orang Kristen akan berhenti memakan makanan tertentu karena alasan  dogma agama. Mereka beralasan amalan tersebut diciptakan karena sebagai penghormatan mereka terhadap Mother Mary. Mother Mary adalah Maryam, ibu kepada Nabi Isa Alaihissalam atau Jesus yang mereka anggap sebagai tuhan.

Saat hari itu juga, mayoritas rakyat inggris yang fakir dan miskin, bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Mereka sanggup bekerja jauh meninggalkan keluarganya karena percaya bahwa Jesus akan memberikan kekayaan dan kesenangan dalam waktu itu. Menjelang hari Ahad keempat, mereka diliburkan oleh majikannya, dan pulang ke kampung untuk bertemu dengan ibu. Setiap ibu akan dihadiahkan dengan Mothering Cake atau kue hari ibu untuk merayakan hari tersebut.

Kemudian amalan dan tradisi ini menular ke seluruh dunia dan hingga kini disambut sebagai penghormatan kepada Mother Church. Mother Church dianggap sebagai kuasa spiritual yang agung yang memberi manusia kehidupan dan memelihara mereka dari keterpurukan. Sejak dari itu, perayaan Mothering Sunday telah bercampur aduk dengan upacara keagamaan gerejaan.  dan mejadi ritual agama penghormatan mereka terhadap ibu sama taraf dengan penghormatan mereka terhadap gereja.

Di Amerika Serikat, Hari Ibu disambut seawal 1872 hasil ilham Julia Ward Howe. seorang aktivis sosial dan telah menulis puisi ” The Battle Hymn of The Republic” (TBHoTR). TBHoTR telah dijadikan lagu patriotik yang cukup populer di kalangan warga Amerika pada saat itu. Ungkapan “Hallelujah” dalam bait-bait lagu tersebut memberikan sentuhan kepada Kaum Yahudi dan Zionis  untuk menguasai politik dunia.
Pada tahun 1907 Anna Jarvis dari Philadelphia telah memulai kampanye untuk melancarkan Hari Ibu. Ia pun telah berhasil mempengaruhi Mother’s Church di Grafton, Sehingga west Virginia merayakan dan meramaikan Hari Ibu pada hari ulang tahun kedua kematian ibunya, yaitu pada hari Ahad kedua dalam bulan Mei. Semenjak saat itu, Hari Ibu dirayakan setiap tahun di Philadelphia.

Anna Jarvis dan pendukungnya telah menulis surat kepada menteri, pengusaha dan ahli-ahli politik agar Hari Ibu disambut secara meluas di seluruh wilayah. Usaha mereka telah berhasil sepenuhnya pada tahun 1911 dan hari tersebut disambut baik oleh hampir seluruh wilayah Amerika. Pada tahun 1914, Presiden Woodrow Wilson, secara resmi Hari Ibu sebagai Hari cuti umum dan harus rayakan pada setiap hari Ahad kedua dalam bulan Mei. Biarpun sebahagian besar negara-negara di dunia menyambutnya pada hari yang berlainan, tetapi negara seperti Denmark, Finland, Itali, Turki, Australia, dan Belgium masih merayakannya pada setiap hari Ahad kedua dalam bulan Mei.

Bagaimana dalam Islam ?

Islam, tanpa mengenal hari tertentu, mewajibkan setiap anak selalu mengistimewakan seorang Ibu. Mungkin kita tidak pernah menyadari, begitu banyak yang telah dilakukan seorang Ibu. Ibu mengandung kita selama 9 bulan 10 hari, berjuang melawan rasa sakit ketika melahirkan, mengesampingkan waktu istirahatnya untuk menyusui, juga merawat ketika kita sehat apalagi saat sakit, dan banyak lagi hal lainnya yang mustahil dapat kita hitung dan kita balas seluruh pengorbanannya.

“Seandainya kita diberi kemampuan membayar setiap tetes ASI, tidak akan ada seorang pun yang dapat melunasi jasa Ibu seumur hidup kita”, Sabda Rosululloh.

Untuk itu, Islam begitu mengistimewakan seorang Ibu, seperti yang banyak kita temui di dalam al-Quran, hadis, dan kisah-kisah teladan.

Allah SWT berfirman, “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu-bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah, ‘Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil’,” (QS al-Isr√£’ [17]: 23-24).

Bila hal itu dijelaskan, maka perayaan hari ibu tidak diperbolehkan. Tidak boleh mengadakan simbol-simbol perayaan seperti kegembiraan, kebahagiaan, penyerahan hadiah dan lain sebagainya. Seorang muslim wajib memuliakan agamanya dan bangga dengannya dan hendaknya membatasi diri dengan ketentuan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya dalam agama yang lurus yang telah diridloi Allah Ta’ala untuk hamba-Nya, tidak ditambah maupun dikurangi.

Seorang muslim seharusnya tidak ikut-ikutan, Tetapi haruslah membentuk kepribadiannya sesuai dengan ketentuan syari’at Allah Azza wa Jalla, sehingga menjadi ikutan, bukan sekedar menjadi pengikut, menjadi contoh bukan yang mencontoh. Karena syari’at Allah –alhamdulillah- adalah sempurna dilihat dari sisi manapun, sebagiaman firman Allah:
 
“Pada hari ini telah Ku sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku dan telah Ku-ridloi Islam itu menjadi agama bagimu” (QS. Al-Maidah: 3).
 
Haknya seorang ibu lebih besar daripada sekedar disambut sehari dalam setahun. Bahkan seorang ibu mempunyai hak yang harus dilakukan oleh anak-anaknya, yaitu memelihara dan memperhatikannya serta menta’atinya dalam hal-hal yang tidak maksiat kepada Allah Azza wa Jalla disetiap waktu dan tempat. (-DYP-)

(EraMuslim.com)

Ucapan Selamat Hari Ibu Dalam Bahasa Inggris dan Artinya

     Happy “Mother’s day” My Mommy.

(Selamat Hari Ibu, ibuku.)

    I worship you Mom. My wish for you on this present “Mother’s day” are you will continually strong and reliably give your warmth for me.

(Aku menyayangimu Ibu. Harapanku untukmu di Hari Ibu ini adalah Ibu selalu sehat dan selalu memberikan kasih sayangmu padaku.)

    On this excellent day Mom, I believe you can essentially alongside me and warmth me with your whole being.

(Pada hari yang spesial ini Bu, aku berharap Ibu selalu ada di sampingku dan mencintaiku dengan sepenuh hati Ibu.)

    On this present “Mother’s day” I just need you to understand that I venerate you so much and I am really happy to have a Mother like you.

(Pada Hari Ibu ini aku hanya ingin Ibu tahu kalau aku sangat menyayangimu dan aku sangat bahagia memiliki seorang Ibu sepertimu.)

    Happy “Mother’s day”! Need you to appreciate all that life brings to the table Mom.

(Selamat Hari Ibu! Aku mengharapkan semua yang terbaik untukmu Ibu.)

    You are the best individual I have ever known. Energetic “Mother’s day” Mom.

(Kau adalah orang terbaik yang pernah aku kenal. Selamat Hari Ibu, bu.)

    Thank you for all that you’ve given me. I am sure I am not ready to compensate your adoration all my life. Happy “Mother’s day” Mom.

(Terima kasih untuk semua yang telah kau berikan untukku. Aku tau aku tidak akan bisa membalas semua kasih sayangmu sepanjang hidupku. Selamat Hari Ibu, bu.)

    Mom, it is boundless how frequently I have frustrated you. In any case, you for the most part grasp me. Much gratitude to you so much Mom.

(Bu, tidak terhitung seberapa banyak aku telah mengecewakanmu. Tetapi kau selalu memahamiku. Terima kasih banyak bu.)

    Time is running up, yet your friendship for me is everlasting. I genuinely venerate you Mom.

(Waktu terus berjalan, tapi cintamu padaku abadi. Aku sangat mencintaimu Ibu.)

    Mom, thank you for all your worship. In the event that it’s not all that much inconvenience speak to God for me to be a mother like you.

(Ibu, terima kasih untuk semua cintamu. Tolong doakan aku agar bisa menjadi seorang ibu sepertimu.)

    Thank’s for persistently being there for me, revere me, watch over me. No one can ever supplant you in my heart.

(Terima kasih selalu ada untukku, mencintaiku, merawatku. Tidak akan ada yang bisa mengantikanmu di hatiku.)

    On this present “Mother’s day”, may the most lovely and the sweetest thing go to your life.

(Pada Hari Ibu ini, semoga semua yang terbaik dan yang termanis terjadi dihidupmu.)

    You are the sun in my day, the wind in my sky, the waves in my ocean, and the beat in my heart. I treasure you Mom.

(Kau adalah matahari dihariku, angin dilangitku, ombak dilautanku, dan dentuman dihatiku. Aku mencintaimu Ibu.)

    I am thankful for all you taught me, and I am regarded to call you “Mother”. I value you Mom.

(Aku berterimakasih atas semua yang telah kau ajarkan untukku, dan aku merasa bersyukur bisa memanggilmu “Ibu”. Aku mencintaimu Ibu.)

    Thank’s Mom, for giving me the certifiable which method for genuineness.

            (Terima kasih Ibu, telah memberikanku arti ketulusan yang sebenarnya.)

    Mom, you are the watchman in all my night and my dread. Thankful to you for all your warmth that you have given to me.

(Ibu, kau adalah penjaga di setiap malam dan ketakutanku. Terima kasih untuk semua cinta yang telah kau berikan padaku.)

    Thank you because you have transformed into a not too bad individual in my life. Preferably what you have given me will be paid by the best repay from God. Happy “Mother’s day” Mom.

 (Terima kasih karena kau telah menjadi orang terbaik di dalam hidupku. Semoga apa yang telah kau berikan padaku akan dibalas dengan balasan terbaik oleh Tuhan. Selamat hari Ibu, bu.)

    Happy “Mother’s day” for the best Mom on the planet! I value you Mom.

(Selamat Hari Ibu untuk ibu terbaik di dunia ini! Aku mencintaimu Ibu.)

    Happy “Mother’s day” and thankful! Without you I am nothing.

(Selamat Hari Ibu dan terima kasih! Tanpuamu aku bukanlah apa-apa.)

    Every day is Mother’s day for me in light of the fact that customary you are reliably there near me either when I am deplorable or happy. Thankful to you Mom!

(Setiap hari adalah Hari Ibu untukku karena setiap hari kau selalu ada disampingku baik saat aku sedih ataupun senang. Terima kasih Ibu!)

    Happy “Mother’s day”! You are the most one of a kind woman in my heart, now and until the end of time.

(Selamat Hari Ibu! Kau adalah wanita shrinking spesial di hatiku, sekarang dan selamanya.)

    Heaven must be minor, in light of the way that I remember it unmistakably Mom. Happy “Mother’s day” Mom.

(Surga pasti begitu kecil, karena aku bisa melihatnya dimatamu Bu. Selamat Hari Ibu, bu.)

    You are surprising just the way you are. Cheery “Mother’s day” Mom.

(Kau sangat hebat sebagaimana adanya dirimu. Selamat Hari Ibu, bu.)

    I could bring you blooms, I could give you favoring. However your reverence will never be repaid in light of the way that your fondness is private sentiment. Energetic “Mother’s day” to you!

(Aku bisa membawakanmu bunga, aku bisa membawakanmu hadiah. Tetapi cintamu tidak akan pernah bisa terbalaskan karena cintamu adalah cinta yang sebenarnya. Selamat hari Ibu untukmu!

    I am particularly grateful to God in light of the way that I have a mother like you. You are the best. I appreciate you!

(Aku sangat berterimakasih pada Tuhan karena aku memiliki seorang ibu sepertimu. Kau yang terbaik. Aku mencintaimu!)

    When everybody turned and left me. You generally there for me. Much obliged to you Mom!

(Ketika semoa orang berbalik dan meninggalkanku. Kau selalu ada untukku. Terima kasih Ibu!)

    Mom, you continually listening to anything that I said, even you comprehend what I am not saying. Much obliged to you Mom, I cherish you!

 (Ibu, kau selalu mendengarkan apapun yang aku katakan, bahkan kau mengerti apa yang tidak aku ucapkan. Terima kasih Ibu, aku mencintaimu!)

    Mom, you are a blessed messenger that exists in this world. Your love will take me to paradise. Glad “Mother’s day” Mom.

(Ibu, kau adalah seorang malaikat yang ada di dunia ini. Kasih sayangmu akan membawaku ke surga. Selamat Hari Ibu, bu.

    It is difficult to be a mother, yet you attempted your best to be my mom. Much obliged to you Mom! I cherish you!

(Tidak mudah menjadi seorang ibu, tapi kau melakukan yang terbaik untuk menjadi Ibuku. Terima kasih Bu! Aku mencintaimu!)

    God may you give my mom wellbeing so that I could make her glad. Cheerful “Mother’s day” to you Mom!

(Tuhan tolong berikan ibuku kesehatan jadi aku bisa terus membuatnya bahagia. Selamat Hari Ibu untukmu!

(www.sekolahbahasainggris.com)

Puisi Hari Ibu

“Kasih Ibu Sepanjang Masa“
Ibu
Maafku atas tangis ini
Maafku atas rasa bodoh ini
Maafku atas segala laraku untukmu
Maaf?
Ibu
Mengapa tak sadar diri ini
Kalau dia selalu menyayangiku
lebih dari siapapun
Apapun
Aku tak sadar
Ketika dia selalu mencoba ku
Selalu tak terima aku
Baru kini kusadari
bahwa di balik semua cobaanya
Pasti ada sebuah mimpi dan harapan
Mimpi untuk menggapai asaNya
Ibu
Terimakasih atas segala pelukmu
yang selalu menjagaku
Walau kita saling jauh,
Ibu
Kasih Mu Sepanjang Masa
Kau Selalu Beri apa yang Aku Butuhkan
Tanpa ingin berharap ku Untuk membalas besar JasaMu
Kau Perisai Indah Dalam Hidupku,
Ibu
Kau ajari aku untuk tau Hitam dan Putih kehidupan,
Kau berikan aku semangat baru, di saat aku jatuh,
Ibu
KasihKu Hanya UntukMu,
I Love You Mom.
(www.IndoBerita.com)

Saat Ku Kecil , tidurku didampingi Ibu
Saat ku belajar merangkak disampingku ada Ibu
Ketika ku belajar berjalan didekatku tetap ada Ibu
Ketika ku cuap cuap belajar bicara lagi lagi ada Ibu
Saat aku Balita aku makin manja dengan IBu
Mulai SD aku agak lupakan Ibu
Mulai SMP aku banyak lupakan IBU
DI SMA aku kurang hormati IBU
Saat aku menikah , aku mulai kangen Ibu
Saat aku punya putra aku mulai kagumi Ibu
saat Ibu meninggal ,kini aku tahu seperti apa aku sayangi IBU
engkau yang masih punya Ibu, sayangkah kalian dengan IBU?

Takkan mampu kami menimbang besarnya kasih sayangmu
Tak akan dapat kami membalas jasa jasa mu
Tiada rasa yang sebesar kasih sayang dari seorang IBU
Kasih sayang kepada putera puterinya tulus dari kalbu
Lelah letih tak menjadi halangan didik anak anakmu
Keriput tak akan menutup cantik nya wajah dihatimu
engkaulah insan pilihan , tiada satupun akan gantikanmu
(m.indobolanews.com)

 Walau tak secantik bidadari
Walau tak sehalus kain sutra

Kau adalah segalanya bagiku
Walau kau tak sempurna di mata orang lain
Namun bagiku kau begitu sempurna

Kau adalah bidadari pelindungku
Tak kenal lelah kau menjaga dan membesarkanku
Tak kenal berhenti kau selalu mendoakanku

Mama,kau adalah cahaya dan malaikat dalam hidupku

Terima kasih mama...
Kasih sayangmu tak tergantikan oleh apapun
(www.kidnesia.com) 

Animasi Hari Ibu

Animasi Hari Ibu - armaila.com

Animasi Hari Ibu - armaila.com

Animasi Hari Ibu - armaila.com

Animasi Hari Ibu - armaila.com

Animasi Hari Ibu - armaila.com

Animasi Hari Ibu - armaila.com

Animasi Hari Ibu - armaila.com

Animasi Hari Ibu - armaila.com

Animasi Hari Ibu - armaila.com

Animasi Hari Ibu - armaila.com

Animasi Hari Ibu - armaila.com

Advertisement
Previous
Next Post »
Thanks for your comment