Lukisan Karya Pablo Picasso Termahal Beserta Makna Keterangannya

SMS Nelpon Gratis Ke Sesama Komunitas DAFTAR SEKARANG - KLIK DISINI
Armaila.com | Lukisan Karya Pablo Picasso Termahal Beserta Makna Keterangannya - Dalam artikel ini admin akan share tentang Lukisan Karya Pablo Picasso. Selain itu akan dipaparkan juga biografi, sejarah Pablo Picasso. Oya, informasi dari berbagai sumber ini akan menyajikan informasi Lukisan Karya Pablo Picasso beserta keterangan maknanya dan koleksi Lukisan Pablo Picasso termahal. Berikut ini pemaparan lengkapnya.
Lukisan Karya Pablo Picasso Termahal Beserta Makna Keterangannya

Biografi Pablo Picasso

Pablo Picasso
Lahir     Pablo Ruiz Picasso
25 Oktober 1881
Málaga, Spanyol
Meninggal     8 April 1973 (umur 91)
Mougins, Perancis
Tempat peristirahatan     Chateau of Vauvenargues
43.554142°N 5.604438°E
Kebangsaan     Spanish
Pendidikan     José Ruiz y Blasco (ayah),
Real Academia de Bellas Artes de San Fernando
Dikenal karena     Painting, Drawing, Sculpture, Seni grafis, Keramik
Karya terkenal     Les Demoiselles d'Avignon (1907)
Guernica (1937)
The Weeping Woman (1937)
Gerakan politik     Kubisme
Pasangan     Olga Khokhlova (1918–55)
Jacqueline Roque (1961–73)

Sejarah Pablo Picasso

Profil Pablo Picasso

Pablo Ruiz Picasso (25 Oktober 1881 – 8 April 1973) adalah seorang seniman yang terkenal dalam aliran kubisme dan dikenal sebagai pelukis revolusioner pada abad ke-20. Jenius seni yang cakap membuat patung, grafis, keramik, kostum penari balet sampai tata panggung. Lahir di Malaga, Spanyol 25 Oktober 1881 dengan nama lengkap Pablo (or El Pablito) Diego José Santiago Francisco de Paula Juan Nepomuceno Crispín Crispiniano de los Remedios Cipriano de la Santísima Trinidad Ruiz Blasco y Picasso López. Ayahnya bernama Josse Ruiz Blasco, seorang profesor seni dan ibunya bernama Maria Picasso Lopez.

Pendidikan

Picasso memiliki sifat yang selalu ingin belajar. Perbedaan kota atau negara bukan suatu halangan untuk memperoleh beragam ilmu. Di usia 14 tahun, ia lulus ujian masuk School of Fine Arts di Barcelona dan dua tahun pindah ke Madrid untuk belajar di Royal Academy. Tak lama kemudian dia kembali lagi ke Barcelona dan bergabung di Els Quatre Gats, tempat para penyair, artis dan kritikus untuk tukar menukar ide yang didapat dari luar Spanyol. Pada usia 23 tahun, Picasso pindah ke Paris, kota pusat seni dunia pada masa itu

Karya-karya

Picasso menghasilkan 20.000 karya dalam hidupnya. Yang menarik, Picasso sering berganti gaya lukisan. Ini bisa terjadi karena Picasso memiliki banyak teman. Seperti dari gaya lukisan biru dan merah jambu (karena lukisan didominasi warna biru dan merah jambu) berubah drastis ke gaya kubisme, akibat pengaruh pertemanannya dengan Georges Braque.

Gaya kubisme inilah yang mengejutkan dunia seni, karena mengubah persepsi orang akan suatu keindahan seni. Kalau sebelumnya lukisan wanita mudah dikenali wajah modelnya, oleh Picasso dibuat drastis sehingga bentuk lukisannya sulit dikenali lagi, seperti yang ia tuangkan lewat karya Demoiselles d'Avignon. Ini bukan berarti Picasso sembarangan saja membuat lukisan. Ia sebelumnya telah mempelajari karya pematung Iberia dan patung-patung Afrika lainnya (patung primitif) yang biasanya berbentuk melengkung dan tidak proporsional.

Ketidaksembarangan Picasso juga dibuktika dengan beberapa eksperimen yang sering dilakukannya, terutama pada perspektif dan distorsi yang ada pada suatu lukisan. Sehingga gaya kubisme temuan Picasso ini mengubah wawasan dunia akan penilaian suatu lukisan. lukisan bukan saja sebagai keindahan seni, tetapi merupakan pula sebagai hasil penelitian dan eksperimen.

Inspirasi dari Kenyataan Hidup

Picasso adalah seniman yang melankolis, berkepribadian kuat, egois dan hidupnya sangat bebas. Tak heran, karya karyanya banyak mencerminkan kepribadiannnya itu. kepribadiannya yang kuat, egois dan bebas, banyak terlihat dari karya seninya yang berkesan kontroversial dan sangat ekspresif, beda dari yang pernah ada sebelumnya. Di sisi lain, kemelankolisan Picasso terungkap dari sifatnya yang sangat sensitif serta rinci dalam menilai suatu kenyataan hidup. Ia sanggup membuat kenyataan hidup itu sebagai sumber inspirasi karyanya. Misalnya. lukisan Mesra Cinta (periode biru) yang bersuasana muram dan pesimis, mencerminkan masa-masa sulit Picasso di tengah situasi yang kompetitif. Lukisan Guernica yang menjadi pusat mata di Museum Reina Sofia (Madrid) adalah goresan tangan dari hasil ingatannya pada tragedi berdarah awal tahun 1930-an di daerah Basque, Guernica terjadi ketika perang sipil dan jatuhnya ratusan bom. Kemudian burung merpati, simbol perdamaian dunia, ternyata juga merupakan rancangannya. Picasso menyelesaikan seni grafis itu setelah terisnpirasi oleh burung Melanesia, pemberian Henri Matisse.

Lebih unik lagi, Picasso juga menjadikan wanita sebagai sumber inspirasi. Konon, setiap wanita memberikan inspirasi berbeda baginya. Misalnya dari kekasihnya, Marie-Terese Walter, ia menghasilkan karya La Reve (mimpi) yang laku terjual 48.402.500 dolar AS. Dari kekasihnya yang lain, Eva Gouel, terlahir lukisan Femme Assise Dans Un Fauteuil, yang termasuk salah satu adikarya gaya kubistis. Tak heran jika Picasso sampai dijuluki Don Juan (playboy). Selain berganti-ganti kekasih, ia juga telah menikah beberapa kali, antara lain dengan Fernande Olivier, Marchelle Thumbert, Olga Kohklova dan Jaqueline Roque.

Lukisan Pablo Picasso Termahal Beserta Keterangan dan Maknanya

Terjual Rp188 miliar
Salah satu lukisan karya Pablo Picasso yang jarang terlihat, di luar dugaan laku $22 juta atau hampir Rp188 miliar dalam pelelangan di rumah lelang Christie's, London. 
Potret Jeune Fille Endormie adalah salah satu lukisan mahal karya Pablo Picasso

Lukisan potret Jeune Fille Endormie (1935) semula ditaksir akan laku antara sembilan juta pound sterling hingga 12 juta pound sterling (sekitar $5,4 juta atau $7,2 juta).
Lukisan potret kekasih Picasso, Marie-Therese Walter tersebut disumbangkan ke University of Sydney, dengan syarat lembaga pendidikan Australia itu menggunakan uang hasil penjualan lukisan itu untuk keperluan riset ilmiah.
Walter menjadi subjek banyak karya lukis Picasso yang dipuji-puji.
Mereka bertemu pada tahun 1927 ketika sang seniman berusia 45 tahun, sedangkan wanita yang kemudian menjadi modelnya berumur 17 tahun, Hasil lukisan Picasso lainnya Nude, Green Leaves And Bust, satu lukisan potret lain Walter terjual tahun lalu dengan harga rekor $106.5m.
Dr Michael Spence dari University of Sydney menyatakan lukisan Jeune Fille Endormie disumbangkan kepada lembaganya dari seorang yang merahasiakan jati dirinya.   Hasil penjualan lukisan tersebut akan dipergunakan untuk membiayai riset mengenai obesitas, penyakit gula dan gangguan kardiovaskuler.
Dia menggambarkan sumbangan yang dikirim si penyumbang misterius ''sangat dermawan dan berpandangan jauh ke depan.''
 
 
Terjual sekitar Rp 126 miliar
Lukisan seniman ternama dunia Pablo Picasso yang menampilkan kekasihnya, Francoise Gilot yang sedang hamil besar, diberi judul 'Femme assise', dilelang di Inggris dan terjual seharga 8 juta poundsterling atau sekitar Rp 126 miliar.
Lukisan karya seniman asal Spanyol yang dilukis pada tahun 1949 silam ini, tepatnya terjual seharga 8.553.250 poundsterling dalam pelelangan yang digelar oleh rumah lelang Christie di London, pada Rabu (20/6/2012) waktu setempat. Harga tersebut merupakan yang termahal dalam pelelangan tersebut.
Lukisan Picasso ini hanyalah salah satu dari sejumlah lukisan ternama yang dilelang dalam acara lelang bertema 'The Impressionist and Modern Art Evening Sale'. Secara total, acara lelang ini berhasil meraup dana sebesar 92.583.550 poundsterling atau sekitar Rp 1,3 triliun. Demikian seperti dilansir oleh AFP (21/6/2012).
Diketahui bahwa Gilot masih berumur 21 tahun ketika pertama kali bertemu dengan Picasso, yang saat itu berusia 61 tahun. Keduanya bertemu pada tahun 1943 di sebuah restoran saat musim semi.
Selain lukisan Picasso tersebut, karya seni lainnya yang meraih harga tertinggi kedua adalah lukisan karya pelukis Rene Magritte berjudul 'Les jours gigantesques'. Di luar dugaan panitia lelang, lukisan ini terjual seharga 7.209.250 poundsterling. Terdapat juga lukisan karya pelukis ternama Italia, Giorgio Morandi dan pelukis ternama Jerman, Kurt Schwitters.
 
Terjual US$40 juta
Subjek lukisan adalah kekasih Picasso, Nona Marie-Therese Walter
Satu lukisan La Lecture karya Pablo Picasso terjual US$40,7 juta dalam lelang di London.  Pemenang lelang tidak diungkap jati dirinya dan ikut lelang melalui telepon.
Subjek lukisan adalah kekasih Picasso, Marie-Therese Walter, yang baru berusia 17 tahun ketika bertemu Picasso untuk pertama kalinya di Paris.
Ketika itu Picasso berusia 45 tahun.  Hubungan ini dirahasiakan selama bertahun-tahun karena Nona Walter masih muda dan Picasso berstatus menikah. 
La Lecture adalah lukisan pertama Picasso yang secara terbuka menyebutkan Nona Walter sebagai subjek utama, sedangkan dalam lukisan-lukisan sebelumnya Nona Walter hanya muncul di latar belakang lukisan.  Selain tampil di La Lecture, Nona Walter menginspirasi karya-karya lain seperti La Reve as, Nude, dan Green Leaves. Nona Walter mengatakan dirinya tidak pernah mendengar Picasso ketika didekati sang pelukis.  "Saya Picasso. Saya dan kamu bisa menghasilkan karya besar bersama," kata Picasso.
Ketika lukisan-lukisan tersebut dipamerkan barulah istri Picasso, Olga Khokhlova, menyadari ada wanita lain dalam perkawinannya, tidak lama kemudian perkawinan mereka kandas.
Tragis, yakh!
 
Ditemukan lagi
Polisi mengumumkan hasil investigasi pencurian lukisan karya maestro Pablo Picasso
Polisi di Amerika Serikat telah menemukan kembali sebuah lukisan Pablo Picasso dua hari setelah karya seni tersebut dicuri dari sebuah galeri Weinstein di San Fransisco (2011).  Pablo Picasso menciptakan lukisan pensil berjudul Tete de Femme, pada tahun 1965,  yang ditaksir bernilai US$275.000.

Lukisan diambil dari galeri oleh seorang pria yang mengenakan kacamata hitam, yang terekam di kamera pengamanan ketika meninggalkan lokasi galeri dengan taksi.  Tersangka, 30, ditahan di sebuah hotel di kawasan Napa-California, tempat karya seni tersebut ditemukan, kata polisi.  Dia menghadapi beberapa dakwaan, termasuk melakukan pencurian dan menguasai barang curian.
Ketika ditemukan kembali, lukisan tersebut dalam keadaan tanpa bingkai.

Demikianlah "Lukisan Karya Pablo Picasso Termahal Beserta Makna Keterangannya" semoga..??
Advertisement
Previous
Next Post »
Thanks for your comment