Kebaikan Yang Banyak Mengalahkan Kejahatan Yang Sedikit

Advertisement
Advertisement
Kebaikan Yang Banyak Mengalahkan Kejahatan Yang Sedikit ini diambil dari filisofis air banyak yang tidak memperhitungkan keberadaan kotoran yang sedikit. hal ini berdasarkan sebuah ucapan ulama fiqih kita.
 
,إذا بلغ الماء قلتين فلا ينجس

Jika air mencapai jumlah tertentu (2 qullah), maka ia dinilai tidak bernajis.

Kebaikan Yang Banyak Mengalahkan Kejahatan Yang Sedikit

Dalam artian lain, jika jumlah air sudah begitu banyaknya, maka kotoran yang sedikit tidak serta merta membuat air yang banyak itu menjadi hilang kesuciannya.

Apa yang kita petik dari kalimat singkat diatas? jika air yang bagus yang banyak saja tidak membuatnya kotor oleh kotoran yang sedikit Maka begitu juga saat kita memandang manusia lainnya. Saat jumlah kebaikan yg diproduksikannya melebihi banyaknya jumlah kesalahan dan keburukan yang dilakukan, maka sudilah kita menilai bahwa mereka adalah 'orang baik baik'. Bukan karena mereka tidak ada salahnya, tapi karena sedikit kesalahannya itu sudah tenggelam dalam lautan kebaikannya yang banyak. Dan memang, tidak pernah ada yang namanya kesempurnaan.
 
Jika setiap kesalahan selalu saja dinilai dengan kacamata pembesar, maka tak satupun manusia yang selamat dari penilaian kita.Padahal, kita juga terkadang tidak lebih baik dari manusia lainnya.

Semoga hal ini bisa menjadi ibrah atau pelajaran bagi kita semua untuk tetap husnuzzon kepada orang lain, tidak memandang orang lain dari sisi burukanya saja.
Advertisement
Previous
Next Post »
Thanks for your comment